Ikatan Dinas STAN, Solusi Kuliah Gratis Dijamin Kerja

In Penulis Tamu

Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) – sudah tersohor namanya sebagai lembaga penyelenggara amanat negara dalam mendidik insan yang berilmu pengetahuan guna mencerdasrkan anak bangsa. STAN merupakan salah satu sekolah ikatan dinas dengan kuliah gratis dan dijamin kerja. Institusi penddi dibawah payung Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) ini tiap tahun membuka pendaftaran calon mahasiswa baru meskipun pernah tidak membukanya pada tahun 2012.Perguruan tinggi negeri milik pemerintah ini sangat  diminati dari tahun ke tahun oleh lulusan SMA/SMK. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar pada tahun 2013 sebanyak 109.629 orang dan sedangkan tahun 2014 sebanyak 98.743 orang. Jumlah pendaftar di atas menunjukkan betapa besarnya minat kalangan muda lulusan sekolah menengah atas dan sekolah kejuruanatas untuk masuk STAN. Lantas kenapa STAN diminati? Bannyak   faktor yang menjadikan kampus ini favorit di kalangan alumni SMA. Alasan secara umum sebagai berikut:

  1. Ikatan dinas dengan jaminan kerja
  2. Kuliah gratis
  3. Tersedia jurusan kuliah favorit
  4. Profesi dengan gaji yang besar

Kempat hal di atas merupakan alasan utama kenapa STAN favorit. Sebenanrya ada faktor faktor lain yang tiap orang memiliki alasan masing masing. Sekarang akan dibahas satu per satu empat alasan utama di atas.

STAN ikatan dinas dengan jaminan kerja

Tidak sedikit yang tahu bahwa sekolah tinggi akutansi ini merupakan sekolah
ikatan dinas bergengsi. Maksud dari ikatan dinas adalah penyelenggaraan pendidikannya diatur oleh pemerintah serta disain kurikulum juga di sesuaikan dengan kebutuhan instansi pemerintah. Pengaturan dan regulasi oleh pemerintah karena setelah lulus akan diberi kesempatan kerja di instansi instansi pemerintahan terutama di lingkungan Kementerian Keuangan RI.

Salah satu kelebihan sekolah ikatan dinas adalah langsung diangkat menjadi pegawai negeri. Hal ini juga berlaku untuk lulusan sekolah tinggi akutansi negara. Semua lulusan STAN akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di semua jajaran lembaga kemenkeu. Setelah melewati prajabatan II akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Ada informasi miring yang beredar bahwa sekolah tinggi ini sudah tidak ikatan dinas lagi. Ya benar, pernah beredar informasi tentang penghapusan ikatan dinas pada perguruan tinggi tersebut. Informasi itu salah sekali. Entah siapa yang menyebarkan informasi tersebut dengan sengaja atau tidak serta apa modus dibalik penyebaran informasi sesat tersebut.

Dari awal berdirinya sampai sekarang tetap ikatan dinas dan langsung dapat kerja. Memang mekanisme pengangkatan jadi CPNS dan PNS sekarang berbeda jika dibandingkan dengan yang dulu. Sistem ikatan dinas dahulu langsung diangkat menjadi PNS setelah lulus dan tiap lulusan akan mendapatkan daerah penempatan dan waktu pendidikan pelatihan di propinsi tempat pengangkatannya. Prosedur tersebut berlaku sampai lulusan 2006. Lulusan di atas 2006 proses pengangkatanya harus melalui serangkaian tes assessment untuk menilai kecocokan tempat kerjanya.

Mungkin dengan adanya tes assessment tersebut sebagian orang salah paham dan mengatakan bahwa STAN sudah tidak ikatan dinas. Tes tersebut hanya sebuah proses untuk mengetahui kecocokan pempatan kerja lulusan, bukan pengahapusan ikatan dinasnya. Karena semua lulusan STAN (sudah resmi lulus) akan mendapatkan kesempatan kerja. Jadi tinggalkan informasi sesat tersebut dan tidak sedikit orang mengurungkan niat untuk mengikuti tes seleksi pemerimaan mahasiswa baru lantaran karena isu negative tersebut.

Bisa jadi beredarnya STAN sudah tidak ikatan dinas sebagai black campaign  dari orang orang yang ingin ikut tes seleksi penerimaan mahasiswa baru. Melalui isu tersebut bisa mengurangi persaingan. Karena pengalaman penulis, banyak adik adik SMA terutama kelas XII menanyakan hal tersebut. Jika memang informasi itu sengaja dengan tujuan picik, betapa buruknya mereka karena berusaha merubah garis kehidupan orang. Memang ada orang tertentu yang iri serta menghalangi halangi orang untuk melakukan serta mendapatkan yang terbaik.

Kita kembali masalah kerja lulusan yang dijanjikan setelah lulus. Akan kerja dimana setelah lulus? Tidak perlu khawatir karena setelah menyelesaikan kuliah, peluang kerja lulusan STAN terbuka luas. Banyak instansi di bawah naungan kemenkeu yang bersedia menampung lulusan kampus ikatan dinas ini. Yah seperti disinggung sebelumnya, saat ini sebelum diangkat jadi CPNS harus di tes kelayakan dan kesesuaian. Lembaga yang menjadi lokasi kerja seperti direktorat jenderal pajak baik pusat maupun daerah, Kantor perbendaraan negara, Inspektorat kemenkeu, dan kantor bea cukai.

Apakah bisa memilih tempat dan lokasi kerjanya. Jawabannya tidak bisa. Lokasi penempatan dilihat dari jurusan saat kuliah di STAN serta hasil tes kelayakan. Biasanya yang memiliki nilai bagus baik nilai akademik selama kuliah maupun nilai tes assessment akan ditempatkan di kantor kantor pusat. Selebihnya akan ditempatkan di kantor wilayah dan perwakilan di daerah.

Kuliah Gratis

Kuliah gratis di STAN merupakan salah satu faktor yang menentukan kampus ini sebagai kampus favorit untuk melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Iya benar, biaya kuliahnya gratis alias tidak bayar sedikitpun. Biaya kuliah gratis menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan masalah biaya kuliah. Dengan pembebasan pengeluaran tersebut cukup meringankan beban orang tua mahasiswa. Namun hanya biaya penyelenggaraan pendidikannya saja yang gratis. Biaya biaya kebutuhan pribadi lain seperti biaya akomodasi dan biaya hidup bulanan ditanggung sendiri oleh mahasiswa selama kuliah.

Selain biaya akomodasi dan biaya hidup bulanan, ada sedikit biaya yang dikeluarkan yang terkait langsung selama kuliah di STAN yang meliputi biaya pendaftaran, biaya kelengkapan baju almamater dan uang wisuda. Biaya pendaftaran dikeluarkan saat pertama kali melakukan pendaftaran sebagai calon peserta tes seleksi masuk. Biaya ini merupakan biaya yang wajib dikeluarkan saat mendaftar dan tidak menentukan lulus atau tidaknya peserta tes. Biaya kelengkapan almamater dibayarkan saat melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan lulus sebagai mahasiswa. Sedangkan uang wisuda dibayarkan setelah menyelesaikan program pendidikan dan dibayarkan saat akan wisuda.

Tersedia jurusan kuliah favorit

Di institusi pendidikan pemerintah ini tersedia jurusan jurusan yang cukup favorit. Favoritas program studi dirasakan terutama oleh alumni SMA yang dulunya jurusan IPS. Namun STAN tetap menerima jurusan IPA dan tiap tahunnya yang lulus kebanyakan latar belakangnya adalah IPA. Terdapat enam jurusan/ program studi di STAN  yaitu akutansi, perpajakan, kepabeanan dan cukai, pajak bumi dan bangunan/ penilai, kebendaharaan negara serta utang piutang dan lelang negara. Masing masing jurusan ini memiliki spesialisasi dan kerangka kurikulum masing masing.

Jurusan akutansi mengkhususkan pembinaan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mencatat, mengaturr dan melakukan semua analisa transaksi keuangan. Output dari semua aktivitasnya adalah menghasilkan sebuah laporan valid menganai masalah keuangan suatu instansi. Jurusan spesialisasi pajak dididik untuk menghasilkan tenaga terdidik yang mampu melakukan perhitungan pajak, mengelola administrasi perpajakan, dan tata kelola pajak sebagai penghasilan negara.

Program studi kepabeanan dan cukai bertujuan untuk menghasilkan tenaga professional yang memahami seluk beluk bead an cukai secara keseluruhan. Bea dan cukai ini sangat erat kaitan dengan aktivitas ekspor impor dan administrasi pajaknya. Program studi pajak bumi bangunan/ penilai membentuk personil yang professional dalam hal perhitungan pajak bangunan dan kepemilikan tanah. Prodi kebendaharaan negara membentuk karakter alumni yang berkompeten dalam pengelolaan  aset aset dan kekayaan negara.

Profesi lulusan dengan gaji yang besar

Mungkin sebagian orang berkeyakinan gaji PNS kecil dibandingkan dengan gaji pegawai swasta atau BUMN. Jawabannya bisa benar dan bisa salah. Memang secara rata rata lebih rendah namun menjadi PNS bukan hanya sekedar masalah gaji namun masalah pengabdian pada negara. Namun jika kita berbicara gaji PNS, lulusan STAN memiliki gaji di atas PNS lainnya meskipun mereka lulusa S1. Secara umum kesejahteraan alumni STAN lebih tinggi.

Dalam hal jenjang karir, jebolan kampus ikatan dinas ini memiliki jenjang karir yang cukup menarik. Mereka bisa menjabat dan bisa menguasai jabatan jabatan penting di kemenkeu seperti direktur jenderal, direktur di direktorat (bawahan direktur jenderal), inspektur jenderal kemenkeu, kepala kantor wilayah instansi bawahan kemenkeu dan bisa juga menjadi tenaga ahli berbagai bidang di kantor kemeterian keuangan. Jenjang karir dan pendapatan pegawai jebolan stan yang menggiurkan ini merupakan daya tarik sendiri bagi alumni SMA untuk menuntut ilmu di kampus ini.

Seperti itulah ulasan mengenai ikatan dinas STAN sebagai solusi pilihan kuliah dengan jaminan kerja. Sekolah tersebut dapat menjadi jalan keluar bagi yang kesulitan biaya kuliah. Di sekolah dinas tersebut tersedia juga program studi diploma satu sehingga memungkin yang kurang mampu secara financial untuk cepat mendapatkan pekerjaan sehingga tidak terlalu membebani orang tua serta bisa membantu membiayai adi adiknya sekolah bagi yang masih memiliki adik.

Related Search

Tags: #Herniawan #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
  1. author

    kerah2 years ago

    kalo baca ini http://www.menpan.go.id/jdih/permen-kepmen/lainnya/file/3873-surat-sesmen-panrb keknya lulusan stan tetep mesti TKD kalo mau lulus cpns 😀 CMIIW

    Reply
  2. author

    Drama Jepang2 years ago

    Sangat bermanfaat tulisan Ikatan Dinas STAN, Solusi Kuliah Gratis Dijamin Kerja ini

    Reply
  3. author

    Muhammad Ali2 years ago

    Semoga dengan progran ini menciptakan SDM yang bermoral,

    Reply
  4. author

    Melinda2 years ago

    Payah presepsi orang nih, gimana mau maju , orangny pragmatis semua , harusny cita2 kalian ke ITB UI UGM dll ato ke MIT cambridge oxford havard bukan ke STAN , banyak talenta bakat brilian di matematika ato fisika ato computer tersedot ke STAN hanya pemikiran pendek biar ikatan dinas , semoga jangan semua bakat2 Indonesia yg mungkin 20 tahun lagi jadi orang2 hebat di bidangny untuk indonesia tidak tergiur. Salam Indonesia perubahan

    Reply
  5. author

    alat seks toy wanita2 years ago

    oke banget STAN mudah2an selalu memberikan yang terbaik.trimmm

    Reply
  6. author

    Negeri Pesona2 years ago

    Banyak orang yang ingin kuliah di STAN, namun sayangnya tidak mudah dan sangat banyak saingannya.. 🙂

    Reply
  7. author

    xperia2 years ago

    pendidikan itu emang sangat penting ya bro

    Reply
  8. author

    JualBukuAgusMustofa2 years ago

    mantab beneerrr nii . . sayangnya saya sudah kuliah . . huuhuhu

    Reply
  9. author

    nona kamisna2 years ago

    sangat membantu anak2 kurang mampu yang cerdas kalo ada program demikian,,

    Reply
  10. author

    Lemari Hias Minimalis2 years ago

    Kuliah dengan mendapatkan gaji…

    Reply
  11. author

    pelangsing badan mujarab2 years ago

    jangan pernah remehkan pendidikan

    Reply
  12. author

    Filter Air Kuning2 years ago

    Dulu lulusan STAN terkenal dengan ikatan dinas STAN sehingga sebagai solusi pilihan kuliah dengan jaminan kerja. Sekarang banyak isu miring mengenai lulusan STAN, karena berbagai korupsi yang dilakukan beberapa oknum lulusan STAN. Semoga saat ini sebelum diangkat jadi CPNS harus di tes kelayakan dan kesesuaian sehingga kasus KKN di Lembaga yang menjadi lokasi kerja seperti direktorat jenderal pajak baik pusat maupun daerah, Kantor perbendaraan negara, Inspektorat kemenkeu, dan kantor bea cukai tidak ada. Sehingga negara Indonesia bersih dari korupsi.

    Reply
  13. author

    pelangsing wsc biolo2 years ago

    harus seperti itu keluar siap kerja

    Reply
  14. author

    pelangsing badan mujarab2 years ago

    cukup menggiurkan

    Reply
  15. author

    rafica putri haqiqi2 years ago

    semoga tahun depan saya bisa

    Reply
  16. author

    zahrahijab.com2 years ago

    Keinginan dulu masuk STAN, tapi tidak kesampaian selain ketat seleksinya… bukan nasib kali yaaah…, syukuri yang ada saja

    Reply
  17. author

    Ignatia Kinathi2 years ago

    Untuk ikatan dinas, biasa kemana ya kak, makasih

    Reply
  18. author

    Siti2 years ago

    Wah menarik sekali kuliah di STAN, udah di jamin penempatan kerja pula. mantap dah.
    Tapi semua itu semoga saja di barengi dengan jiwa moral and intellectual integrity yang tinggi, pasalnya ketika kerja akan duduk di pemerintahan,banyak godaan.

    Reply
  19. author

    Lirik Lagu Reggae2 years ago

    wah wah ternyata ikatan dinas ya ane kira apaan wkwk

    Reply
  20. author

    fatur rohman2 years ago

    udah gratis dijamin kerja lagi,, mantab bener

    Reply
  21. author

    Imerlina Putri2 years ago

    sayangnya saya sudah kuliah mas, sudah semester 6
    pasti orang-orang yang pintar yang bisa masuk ke (STAN)

    Reply

Leave a reply "Ikatan Dinas STAN, Solusi Kuliah Gratis Dijamin Kerja"

CommentLuv badge

Must read×

Top