Indahnya Mengoptimalkan Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan

Tahapan Perkembangan Janin dalam KandunganIndahnya Mengoptimalkan Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan – Memiliki keturunan adalah impian dari setiap pasangan suami istri. Dengan mengandung, mereka dapat meneruskan keturunannya. Tugas mengandung itu adalah tugas seorang wanita. Untuk itulah maka bagi seorang bumil, tahapan perkembangan janin dalam kandungan sangatlah penting untuk selalu diperhatikan.

Bumil harus selalu menjaga kandungannya sampai hari melahirkan pun datang. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan. Selalu mengontrolkan kesehatan ibu dan janin ke dokter spesialis adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan. Di luar hal itu, menjaga asupan makanan bergizi dan olahraga ringan sangatlah penting untuk dilakukan.

Indahnya Mengoptimalkan Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan

Berikut adalah tahapan perkembangan janin dalam kandungan yang perlu kita ketahui :

1. Trimester Pertama

Pada tahap ini, terjadi beberapa hal yang merupakan persiapan awal untuk memberikan tempat yang aman dan nyaman bagi embrio di dalam rahim. Berikut adalah beberapa hal yang terjadi pada trimester pertama kehamilan :

  • Pembentukan Kantung Ketuban

Fungsi dari kantong ketuban ini adalah sebagai tempat tumbuhnya embrio dan sebagai penyalur nutrisi dari ibu ke bayi. Untuk itu, ketuban ini sangatlah penting perannya bagi janin.

  • Embrio Masih Berukuran Seperti Kacang

Ukuran embrio masih seperti kacang. Kemudian di bagian wajahnya ada lingkaran besar berwarna hitam yang kemudian akan menjadi sepasang mata.

  • Membentuk Telinga

Setelah terbentuk mata selanjutnya adalah terbentuknya telinga. Fase ini terjadi pada bulan kedua. Pada saat USG akan terlihat lipatan kecil di sisi wajah.

  1. Terbentuk tangan dan kaki
  2. Organ pencernaan menjadi lebih berkembang
  3. Janin mulai bisa berpindah posisi
  4. Memiliki bentuk wajah dan organ gerak yang sempurna di akhir trisemester pertama hingga panjang janin mencapai 10 cm dengan berat 1 ons.

2. Trisemester Kedua

  1. Terbentuknya jari-jari tangan dan juga jari-jari kaki
  2. Terbentuk kelopak mata, alis, bulu mata dan kuku.
  3. Janin mulai bisa mengisap jempolnya dan meregangkan tubuh
  4. Tumbuh rambut di bulan kelima. Ini akan menyebabkan ibu sering merasa geli.
  5. Janin mulai bergerak dan sudah dapat dirasakan oleh si ibu
  6. Panjang janin mencapai 12 cm dan berat hingga 900 gram
  7. Janin mulai bisa cegukan.

3. Trisemester Ketiga

Tahap perkembangan janin dalam kandungan ini menjadi tahap terakhir dari tahap perkembangan janin. Beberapa hal yang terjadi pada trisemester ini adalah :

  1. Mulai ada kandungan lemak di dalam tubuh janin.
  2. Berat janin mencapai 1800 gram dan panjang 36 cm.
  3. Janin sudah bisa mendengar dan merespon rangsangan cahaya dan sakit.
  4. Di bulan ke delapan, otak janin sudah berkembang dan tendangan dan gerakan janin semakin kuat untuk dirasakan. Sehingga bumil akan sering merasakan perutnya seperti ditendang-tendang.
  5. Di bulan ke sembilan, posisi bayi sudah siap untuk dilahirkan dengan berat janin 3,2 kg dan panjangnya mencapai 51 cm.

Nah itu tadi tahapan – tahapan perkembangan janin dalam kandungan yang harus diketahui bagi Anda yang tengah mengandung. Terlebih apabila kandungan saat ini adalah masa kehamilan pertama bagi Anda, yang tentu saja Anda belum berpengalaman mengenai hal ini.

Setelah mengetahui tahap perkembangan pada janin, maka bumil harus selalu menjga kesehatannya dan juga kesehatan bayinya. Salah satu cara mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan adalah dengan menciptakan rasa nyaman. Sehingga sangat disarankan untuk tidak terlalu stress selama masa kehamilan karena hal itu akan berpengaruh pada janin yang sedang dikandung. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Related Search

Tags: #Bayi #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Indahnya Mengoptimalkan Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan"

CommentLuv badge

Must read×

Top