Ingin Memiliki Gigi dan Mulut yang Sehat? Lakukan 6 Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Anda

Membersihkan Mulut dan GigiCara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut – Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan hal yang harus dilakukan karena bisa menjadi salah satu sumber percaya diri dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Area mulut menjadi pintu masuk utama segala macam konsumsi mulai dari makanan, minuman, hingga obat-obatan sehingga menjaga kebersihan gigi dan mulut haruslah menjadi perhatian utama karena berkaitan dengan sistem cerna.

Gigi dan mulut yang tidak terjaga dengan baik ternyata tidak hanya menyebabkan masalah seperti bau mulut atau gigi berlubang saja namun berpotensi  meningkatkan resiko masalah kesehatan lainnya. Badan yang sehat biasanya memiliki kesehatan mulut dan gigi yang maksimal karena kesehatan mulut dan gigi salah satunya sangat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Jika mulut anda sariawan atau gigi anda berlubang, tentu rasa sakitnya menghalagi anda untuk bisa memasukkan nutrisi pangan dengan optimal ke dalam tubuh bukan ?

Berikut Beberapa Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

  1. Rutin Menggosok Gigi

Sikatlah gigi 2-3 kali sehari, saat bangun tidur, di sore hari, dan sebelum beranjak tidur. Pastikan gunakan sikat gigi yang bersih, dengan bulu sikat yang masih dalam kondisi baik serta perhatikan teknik menggosok gigi yang benar.

Sesering apapun anda menggosok gigi namun cara yang digunakan salah, anda hanya akan membersihkan sebagian elemen gigi namun meninggalkan bagian lainnya tetap kotor. Pilihlah kepala sikat yang nyaman dna sesuai dengan struktur gusi dan gigi anda agar tidak menyebabkan luka pada gusi saat mengosok gigi.

Tidak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian penting dalam kesehatan dan kesegaran mulut anda. Sikatlah lidah anda dengan lembut menggunakan pembersih lidah setelah anda menggosok gigi untuk memaksimalkan pembersihan sisa-sisa makanan dan bakteri yang mungkin menumpuk pada indra pengecap tersebut.

  1. Permen Karet Tanpa Gula

Anda pecinta permen karet? Ternyata mengunyah permen karet tanpa gula dapat merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Gerakan mengunyah dapat menstimulasi produksi air liur yang bermanfaat untuk membantu membersihkan makanan dan asam penyebab kerusakan gigi.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat dan Vitamin

Buah-buahan dan sayuran kaya serat dapat membantu membersihkan mulut dan gigi. Terlebih pada buah dan sayur tinggi vitamin C seperti jeruk, jambu dan kiwi, dapat pula mendukung gusi yang kuat. Namun hindari mengkonsumsi buah dengan keasaman yang tinggi karena jika berlebihan justru dapat mengikis email gigi.

Sayuran dengan kandungan tinggi vitamin A juga mampu membantu pembentukan lapisan email gigi dan menjaganya lebih kuat. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi pangan tinggi kalsium seperti susu dan yogurt karena baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

  1. Berkumur Setiap Selesai Makan

Berkumur setelah selesai makan terutama makanan berat menjadi salah satu cara membersihkan sisa-sisa makanan dalam rongga mulut.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Kerusakan Gigi

Kopi, teh, soda, serta semua jenis minuman dan makanan berasam tinggi tidak direkomendasikan untuk terlalu sering dikonsumsi. Teh contohnya, minuman ini termasuk salah satu minuman kesehatan yang direkomendasikan namun jangan terlalu sering mengkonsumsinya dan iringilah dengan minum air putih segera setelah anda mengkonsumsi jenis minuman ini atau berkumurlah untuk menetralisir pH dalam rongga mulut.

Selain minuman dengan kandungan asam tinggi, minuman dengan kadar gula tinggi juga sebaiknya dihindari karena dapat merusak lapisan gigi.

Keripik, khususnya yang bertekstur keras dan cenderung tajam seperti keripik singkong sebaiknya tidak terlalu sering anda konsumsi karena mempunyai potensi menyelip di sela-sela gigi dan jika dibiarkan menumpuk bisa berakibat pada gigi berlubang atau iritasi gusi. Pastikan anda menggosok gigi setelah makan dengan benar agar tidak ada sisa makanan yang terselip di sela gigi.

  1. Mengembalikan Kesegaran Mulut dengan Bahan Alami

Bagi anda yang ingin mendapat kesegaran mulut lebih baik, ada beberapa bahan alam yang bisa digunakan. Asam jawa, salah satunya, dikenal dapat membantu kesegaran mulut. Selain itu, mengunyah sedikit garam, daun sirih, mengunyah permen, atau mengkonsumsi jerukjuga bisa menjadi alternatif.

Demikian tadi beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut anda. Mengingat gigi dan mulut merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh, sebaiknya anda melakukan Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut yang telah dibahas di atas secara rutin agar kesehatan gigi dan mulut anda senantiasa terjaga. Semoga bermanfaat, Terima kasih..

Related Search

Tags: #Informasi #Kesehatan #Mirum Agency #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Ingin Memiliki Gigi dan Mulut yang Sehat? Lakukan 6 Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Anda"

CommentLuv badge

Must read×

Top