Waktuku

Inilah 3 Teknik yang Digunakan Pengrajin dalam Menciptakan Batik Terbaik Indonesia

Batik Terbaik IndonesiaInilah 3 Teknik yang Digunakan Pengrajin dalam Menciptakan Batik Terbaik Indonesia – Rizkyzone.com Batik yang merupakan salah satu warisan dunia ini memang memiliki nilai seni tinggi. Tak heran jika batik berhasil menjadi warisan budaya Indonesia yang di akui dunia melalui UNICEF. Batik – batik tersebut diciptakan oleh para pengrajin yang pastinya mempunyai jiwa seni yang patut diacungi jempol. Batik terbaik Indonesia banyak dihasilkan oleh para Masterpiece yang berusaha menciptakan batik yang motif dan polanya selalu fresh dan berestetika tinggi.

Inilah 3 Teknik yang Digunakan Pengrajin dalam Menciptakan Batik Terbaik Indonesia

Seperti apa teknik pembuatan batik tersebut? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Teknik Canting Tulis

Canting merupakan alat khas yang berasal dari Jawa dan menjadi alat utama dalam pembuatan batik tulis. Canting yang sudah berisi cairan malam digunakan untuk menggambarkan atau menuliskan motif di atas kain mori. Apabila sudah, kain batik baru bisa dicelupkan ke pewarna. Tak perlu khawatir, karena motif batik yang sebelumnya dibuat dengan canting tidak akan luntur meski dicelupkan ke pewarna.

Dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam menggunakan teknik canting. Inilah yang membuat harga batik tulis melambung tinggi. Sebab proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Teknik Colet

Batik Terbaik Indonesia juga dihasilkan melalui teknik colet ini. Hasil batik dengan teknik ini bisa kita lihat pada batik yang mempunyai warna berbeda. Teknik colet ini juga dikenal dengan teknik lukis. Pengrajin memulai pembuatan batik dengan mengoleskan pewarna pada kain mori menggunakan kuas, setelah itu pengrajin akan menggambarkan motif di atas kain mori.

Teknik Printing

Tidak seperti batik tulis yang pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama, teknik printing ini justru menjadi teknik pembuatan batik yang membutuhkan waktu paling singkat dalam proses pembuatannya. Ya, dari namanya saja sudah jelas bahwa pada teknik ini pengrajin memanfaatkan alat printing untuk membuat batik. Untuk proses pewarnaan batik dengan teknik batik printing ini cukup memberi warna pada satu sisi kainnya saja.

Demikian tadi beberapa cara atau teknik yang biasa digunakan para pengrajin batik terbaik Indonesia dalam menghasilkan batik – batik yang indah dengan motif cantiknya. Setiap teknik memiliki kelebihan masing – masing, namun yang jelas, semakin bagus motif batik tersebut, maka harganya pun akan semakin tinggi.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #Belanja Online #Bisnis Online #Informasi #promosi produk #tips #Toko Online

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama
Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama
Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate – Rizkyzone.com
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan  – Rizkyzone.com

Leave a reply "Inilah 3 Teknik yang Digunakan Pengrajin dalam Menciptakan Batik Terbaik Indonesia"

CommentLuv badge
Must read×

Top