Waktuku

Inilah Nutrisi yang Sebaiknya Dipenuhi pada Olahan Resep – Resep Makanan Selama Berpuasa

Resep Makanan Selama BerpuasaInilah Nutrisi yang Sebaiknya Dipenuhi pada Olahan Resep – Resep Makanan Selama Berpuasa – Rizkyzone.com Ramadhan sudah di depan mata. Itu artinya kewajiban berpuasa selama sebulan bagi umat muslim juga akan segera tiba. Puasa yang sebelumnya dimulai dengan sahur dan diakhiri dengan berbuka puasa menjadikan resep – resep makanan diburu setiap harinya. Ya, seringkali bulan Ramadhan dijadikan sebagai momen untuk mengukir kehangatan dengan keluarga maupun sahabat yang dikemas dalam agenda buka bersama.

Inilah Nutrisi yang Sebaiknya Dipenuhi pada Olahan Resep – Resep Makanan Selama Berpuasa

Berbicara tentang puasa, biasanya orang akan cenderung ‘balas dendam’ saat waktu berbuka tiba. Semua makanan yang dihidangkan di meja makan siap untuk disantap semuanya. Pertanyaannya adalah, “Apakah makanan – makanan tersebut memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan kami ulas mengenai nutrisi apa saja yang sebaiknya dipenuhi selama puasa.

Vitamin E dan C

Ketika berpuasa, tubuh akan sedikit kaget karena perubahan jam makan. Di hari selain Ramadhan, umumnya jam makan terbagi menjadi 3 waktu. Namun pada saat berpuasa, jam makan setidaknya hanya terbagi menjadi 2 waktu. Yakni sahur dan buka puasa. Oleh karena itu pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seperti dengan mengonsumsi makanan yang bervitamin E dan C.

Kedua vitamin ini memiliki andil besar dalam meningkatkan kebugaran dan sistem imunitas sebab kandungan antioksidan yang dimilikinya. Untuk mendapatkan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan.

Karbohidrat

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk mengisi ulang glikogen. Selain itu karbohidrat juga membantu memicu sekresi hormon insulin yang nantinya dapat meningkatkan kinerja otot – otot di dalam tubuh.

Untuk memenhui kebutuhan tubuh akan karbohidrat ini, Anda bisa mengonsumsi tiga butir kurma saat waktu berbuka puasa tiba. Dengan begitu karbohidrat yang hilang saat berpuasa seharian bisa segera tergantikan.

Protein dan Lemak

Benar apabila lemak perlu dibatasi, namun lemak itu sendiri juga dibutuhkan tubuh dalam membantu mencerna vitamin A, D, E, dan K. Selain itu lemak juga berfungsi mempertahankan energi tubuh lebih lama dan memperlambat metabolisme gula.

Alternatifnya, sebaiknya Anda memilih sumber lemak tak jenuh yang notabene menyehatkan, seperti minyak zaitun, kacang – kacangan, ikan laut serta minyak canola. Agar tidak mudah lemas saat berpuasa, pastikan bahwa resep – resep makanan yang Anda olah dengan Royco dilengkapi dengan bahan – bahan ini ya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, Anda bisa mengonsumsi tempe, tahu, telur, ikan hingga daging ayam tanpa kulit. Protein akan berperan saat cadangan lemak dan karbohidrat sudah habis.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Berpuasa seharian tentu membuat tubuh terasa lemas dan tenggorokan kering. Untuk itu pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar Anda terhindar dari dehidrasi. Minumlah 2 liter atau 8 gelas air putih per hari dengan rentang waktu antara malam menjelang tidur, sahur dan buka. Agar lebih optimal, Anda bisa minum jus buah. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik dalam menjaga metabolisme tubuh.

Baca Juga : Menu Makanan Sehat Untuk Keluarga Kuat dan Semangat

Demikian tadi beberapa nutrisi yang harus Anda penuhi selama menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya di luar bulan Ramadhan pun nutrisi ini juga harus dipenuhi, namun peran nutrisi ini berlipat ganda saat Anda menjalankan ibadah puasa. Selalu perhatikan makanan yang akan Anda konsumsi, pastikan resep – resep makanan yang Anda olah adalah makanan yang menyehatkan dan bernutrisi tinggi. Dengan begitu kesehatan tubuh akan senantiasa terjaga.

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #Inboundid #Informasi #Kesehatan #Resep Makanan #Resep Masakan

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate – Rizkyzone.com
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan  – Rizkyzone.com

Leave a reply "Inilah Nutrisi yang Sebaiknya Dipenuhi pada Olahan Resep – Resep Makanan Selama Berpuasa"

CommentLuv badge
Must read×

Top