Jenis – Jenis Industri atau Bisnis yang Berbasiskan Kreativitas

Jenis – Jenis Industri atau Bisnis yang Berbasiskan Kreativitas

Setiap bangsa dan negara pasti memiliki potensi dan kekuatan ekonomi dan industri kreatif yang dititikberatkan dan begitu bervariasi. Kreativitas yang sudah berada di era global ini sudah pasti menghancurkan tembok-tembok pembatas antar negar, yang dimaksudkan disini adalah negara yang satu dengan lainnya bekerja sama demi membuat suatu industri kreatif berkelas yang beguna untuk membantu rakyatnya masing-masing.

Begitu juga dengan kita, di era global ini sudah tidak ada waktunya lagi kita untuk gengsi menjalankan sebuah bisnis. Bagi kalian yang menyukai kegiatan yang penuh dengan seni dan kreatifitas, mungkin jenis-jenis industri ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis Industri berbasiskan Kreativitas.

Industri Kreative
Berikut adalah bisnis-bisnis yang berbasiskan kreativitas

1. Periklanan

Bisnis ini berkaitas dengan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu) yang tentunya meliputi kreativitas, produksi, dan distribusi dari iklan yang dihasilkan (misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak dan elektronik, pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, brosur, dan penyewaan kolom atau spot untuk iklan.

2. Arsitektur

kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan (heritage), urban desain, desain interior, dan arsitektur taman.

3. Pasar Barang Seni

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik, dan langka serta memiliki nilai-nilai estetika seni yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar,internet dll. Yang diperjualkan seperti alat musik, percetakan, kerajinan, film, seni rupa, dan lukisan).

4. Desain

Kegiatan kreatif yang terkait dengan desain grafis, desain interior, desain eksterior, desain produk, desain iklan, konsultasi, jasa riset, produksi kemasan, dan jasa pengepakan.

5. Fashion

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan desain pakaian serta aksesorisnya, distribusi produk fashion, produksi pakainnya dan lain-lain.

6. Video, film, dan fotografi

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi produk video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron dan eksibis film.

7. Permainan Interaktif

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pembuatan permainan-permainan kreasi, produk, distribusi permainan di komputer. Permainan-permainan tersebut juga bisa untuk membantu perkembangan anak dan edukasi.

8. Musik

kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pembuatas musik, album, dan perekaman suara. Dan juga pertunjukkan dan pembuatan video klip.

9. Seni Pertunjukkan

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pembuatan seni pertunjukkan (Tarian Tradisional, Modern Dance, Opera, Acara Komedi dll), pengembangan konsep dan konten, tata panggung, tata pencahayaan, dan desain busana untuk pertunjukkan.

10. Penerbitan dan Percetakan

Kegiatan kreatif yang satu ini berhubungan denga penulisan dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital.

11. Layanan Komputer dan Piranti Lunak

Kegiatan ini berhubungan dengan pengembagan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengelolaan data, pengembangan data base, pengembangan piranti lunak dan keras, serta desain portal dan perawatannya.

12. Televisi dan Radio

Kegiatan kreatif ini berkaitan dengan usaha kuis, reality show, acara musik, komedi, penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio,

13. Riset dan Pengembangan

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan penemuan-penemuan terbaru yang menawarkan ilmu baru atau teknologi-teknologi baru. Teknologi-teknologi baru tersebut bisa dipergunakan untuk membuat produk atau desain baru dan juga alat baru, material baru, metode baru yang dapat memenuhi permintaan pasar dan masyarakat; hal ini juga termasuk dalam kategor humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni, serta jasa konsultasi bisnis dan manajemen.

Nah itulah yang bisa saya paparkan tentang bisnis-bisnis yang berbasiskan kreativitas. Bagi Anda yang merasa mempunyai kreativitas tinggi, mungkin bisnis-bisnis di atas bisa Anda coba dan mungkin Anda bisa sukses di sana. God Bless You All.

Baca Juga >> Efek Goal Setting yang Dapat Mengguncang Hidup

Penulis >> Gilbert Subay (http://manajemenapaaja.blogspot.co.id/)

Related Search

Tags: #Gilbert Subay #Informasi #Wirausaha

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Jenis – Jenis Industri atau Bisnis yang Berbasiskan Kreativitas"

CommentLuv badge

Must read×

Top