var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7067 single-format-standard kentooz" id="top">

Jenis-Jenis Nutrisi bagi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi Selama 9 Bulan

Di Kesehatan, Parenting, Vira ID 99 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Nutrisi bagi Ibu HamilJenis-Jenis Nutrisi bagi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi Selama 9 Bulan – Tidak hanya cek kandungan secara rutin aja, sebagai bumil Anda pun perlu menyadari bahwa pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Hal ini dapat dipenuhi lewat asupan makanan dengan tepat dan cermat. Jangan heran jika dokter spesialis ini pun sangat ramai oleh pasien konsultasi

Jenis-Jenis Nutrisi bagi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi Selama 9 Bulan

Tidak hanya ketika hamil saja, tentunya memenuhi segala kebutuhan nutrisi menjadi keharusan bagi semua orang. Terlebih ketika sedang mengandung dan harus mencakup semua asupan janin di dalamnya. Perhatikan dengan betul apa saja jenis zat gizinya agar lebih mudah saat mengkonsumsinya.

  1. Protein

Protein merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil yang berguna untuk memperbaiki jaringan, sel serta otot. Ketiganya dianggap rentan mengalami kerusakan sehingga sering menjalani perbaikan oleh zat gizi tersebut. Senyawa makro ini juga memiliki andil besar dalam meningkatkan suplai darah.

Terlebih ketika sedang mengandung, tubuh ibu hamil diketahui harus memproduksi sel darah berjumlah dua kali lipat daripada biasanya. Asupan protein dianggap memiliki fungsi yang serba bisa. Pasalnya zat gizi ini juga mampu mendukung proses perkembangan janin terutama tumbuh kembang otak.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat dikatakan sebagai zat gizi makro yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Ini artinya, keberadaannya tidak hanya penting bagi ibu hamil saja melainkan juga semua orang. Karbo akan dibakar oleh sistem pencernaan sehingga berubah menjadi glukosa sebelum memberikan tenaga.

Kecukupan energi yang baik pada seseorang akan membuat mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan lancar. Sebagai ibu hamil tidak mudah lemas dan lelah ketika sedang beraktivitas. Anda juga perlu memperhatikan kebutuhannya karena didasarkan atas umur trimester masing-masing.

  1. Lemak

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua lemak dinilai buruk bagi tubuh, termasuk juga untuk ibu hamil yang membutuhkannya. Zat gizi makro ini penting untuk mendukung perkembangan janin pada semua trimester kehamilan. Asupan nutrisi ini juga ikut berperan bersama karbohidrat dalam penghasil energi.

Lemak dianggap paling penting sebagai komponen utama untuk memelihara kondisi plasenta. Pasalnya nutrisi ini mampu menjaga cairan ketuban agar tetap kuat dan sehat selama 9 bulan. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi sekitar 67,3 gram (19-29 tahun) dan 62,3 gram bagi usia di atasnya.

  1. Serat

Serat yang terkandung di dalam suatu makanan akan membantu ibu hamil untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Asupan zat gizi ini juga ikut serta dalam mempertahankan berat badan sehat bumil lantaran memberikan efek kenyang lebih lama.

Sama seperti fungsi utama bagi orang lain, keberadaan serat akan penting untuk saluran pencernaan. Zat ini membantu melancarkan gerakan usus agar bisa memindahkan sisa makanan sampai ke anus sebelum dibuang menjadi zat sisa.

  1. Zat Besi

Zat besi dikatakan sebagai mineral yang penting untuk membuat ibu hamil menambah pasokan darah. Hal ini mengingat bahwa sebagai bumil, seharusnya memproduksi sel darah merah sebanyak dua kali lipat daripada jumlah biasanya.

Ibu hamil pada usia 19-49 tahun membutuhkan 9 miligram di trimester pertama dan 18 mg di trimester kedua dan ketiga. Kebutuhannya akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan sehingga perlu diperhatikan lebih teliti agar benar-benar terpenuhi.

Sebenarnya ada banyak zat gizi lainnya yang termasuk ke dalam nutrisi bagi ibu hamil. Menjaga asupan untuk seorang bumil memang sangat penting. Mengingat bahwa pola konsumsinya akan berkaitan dengan perkembangan janin di dalamnya sehingga perlu dijaga kesehatannya.

Tags: #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
Harga Masker Duckbill yang Terjangkau
Harga Masker Duckbill yang Terjangkau
Harga Masker Duckbill yang Terjangkau – Semenjak
7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh
7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh
7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh – Di masa
Cara Penyusunan Market Fit yang Benar
Cara Penyusunan Market Fit yang Benar
Cara Penyusunan Market Fit yang Benar – Anda
5 Manfaat Asuransi Pendidikan Anak bagi Masa Depan
5 Manfaat Asuransi Pendidikan Anak bagi Masa Depan
5 Manfaat Asuransi Pendidikan Anak bagi Masa

Tinggalkan pesan "Jenis-Jenis Nutrisi bagi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi Selama 9 Bulan"

Baca Juga×

Top