Jenis Nutrisi Otak yang Dibutuhkan untuk Perkembangan Bayi

Di Advertorial, Parenting, Vira ID 294 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Nutrisi OtakNutrisi otak yang terpenting pada bayi adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat gizi yang sehat. Perkembangan otak si bayi pastinya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seluruh Mama di dunia ini.

Ada beberapa faktor pendukung kecerdasan bayi yang perlu diperhatikan, salah satunya yaitu nutrisi untuk otak bayi. Maka dari itu, penuhi kebutuhan zat gizi bayi agar pertumbuhan otak dan fisiknya bisa optimal.

Perlu diketahui bahwa, Kecerdasan anak saat ini berkembang menjadi kecerdasan majemuk yang terdiri dari kecerdasan linguistik, logika matematika, musikal, kinestetik, visual-spasial, interpersonal, intrapersonal dan naturalis.

Jenis Nutrisi Otak yang Dibutuhkan untuk Perkembangan Bayi

Agar kecerdasan otak bayi berkembang, ketika bayi menginjak usia 6 bulan, sudah saatnya untuk diberikan asupan nutrisi otak lewat makanan padat. ASI memang masih sangat diperlukan bayi namun perkembangan bayi tentu membutuhkan asupan gizi lainnya yang datang dari makanan pendamping ASI. Oleh sebab itu, Mama harus memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. Nutrisi berikut ini akan membantu tumbuh kembang bayi mulai dari fisik hingga perkembangan untuk otaknya.

Zat Besi

Jenis mineral ini memainkan peran penting dalam produksi hemoglobin. Ia memiliki fungsi untuk memperlancar sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga membantu perkembangan otak bayi dalam hal keterampilan motorik dan memori otak. Pastikan si kecil mendapatkan 11 miligram zat besi yang bisa didapat dari daging sapi, ayam, ikan, telur, alpukat, brokoli serta bayam.

Zinc

Zinc hampir sama seperti zat besi, zinc merupakan nutrisi otak yang sangat penting untuk bayi. Selain itu, Zinc juga berfungsi untuk produksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi serta memastikan sel-sel tubuh bertumbuh dengan baik. Jenis nutrisi ini pada umumnya ada di dalam daging sapi dan daging ayam. Biasanya makanan yang mengandung zat besi juga mengandung zinc.

Kalsium dan Vitamin D

Kalsium sangat baik untuk mengembangkan tulang kuat dan vitamin D sangat baik untuk membantu penyerapan kalsium. ASI dan susu formula memang telah memberikan kalsium yang dibutuhkan bayi. Namun, Mama tetap perlu memberikan asupan kedua nutrisi ini yang bisa di dapatkan dari telur dan ikan.

Omega-3

Omega-3 memang dikenal untuk kesehatan jantung. Untuk bayi, nutrisi ini memiliki fungsi lain yakni membantu perkembangan otak dan mata. Berbagai penelitian juga telah mengungkapkan bahwa omega-3 akan membantu perkembangan kemampuan kognitif bayi. Lemak sehat ini pun membantu tubuh menyerap vitamin A dan E. Omega-3 bisa didapatkan dari alpukat dan salmon.

Omega-6

Sama seperti omega-3, asam lemak omega-6 merupakan asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh otak. Sumber omega-6 bisa ditemukan pada kacang–kacangan seperti kacang almon, kacang mede dan kacang kedelai.

Vitamin A, B, C dan E

Keempat jenis vitamin ini dapat membantu perkembangan saraf, organ mata, kulit hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Jenis vitamin ini menjadi paket lengkap sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi. Mama tak perlu ragu lagi untuk memasukkan berbagai jenis sayuran yang terbukti memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

Vitamin A berada di dalam wortel serta ubi. Sementara sayuran hijau dan pisang memiliki kandungan vitamin B yang tinggi. Vitamin C ini ada di dalam tomat, jeruk, stroberi hingga melon. Biji-bijian juga dibutuhkan karena mengandung vitamin E.

Kolin

Kolin merupakan salah satu nutrisi otak yang penting untuk tubuh dan kesehatan otak. Peranan kolin dalam perkembangan otak bayi adalah membantu meningkatkan sinyal saraf di otak, sehingga memori otak dapat terjaga dengan baik. Selain itu, kolin juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir, bergerak serta berbicara si Kecil.

Alfa laktalbumin

Adalah protein yang terdapat di dalam ASI.  Di dalamnya terdapat kandungan asam amino yang berperan dalam tumbuh kembang otak anak, sehingga jika asupannya terpenuhi maka kecerdasannya tak diragukan lagi.

Image Source : https://kosongan.id/wp-content/uploads/nutrisi-otak-terbai.jpg

Tags: #Bayi #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja IT
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja IT
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja
Dapatkan Hadiah Ratusan Juta Sebulan Penuh dari Raja IT
Dapatkan Hadiah Ratusan Juta Sebulan Penuh dari Raja IT
Dapatkan Hadiah Ratusan Juta Sebulan Penuh dari
Waspada, Kenali 4 Gejala dari Asam Urat Sebelum Terlambat
Waspada, Kenali 4 Gejala dari Asam Urat Sebelum Terlambat
Waspada, Kenali 4 Gejala dari Asam Urat

Tinggalkan pesan "Jenis Nutrisi Otak yang Dibutuhkan untuk Perkembangan Bayi"

Baca Juga×

Top