var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7162 single-format-standard kentooz" id="top">

Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi

Di Kesehatan, Vira ID 45 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi – Sebenarnya, untuk menurunkan kolesterol tidak harus selalu mengkonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, Anda juga bisa mengaturnya dengan mengkonsumsi makanan bagi penderita kolesterol tinggi. Terlebih, saat ini sendiri ada banyak makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh tersebut.

Apa Saja Makanan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi ?

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan pembentukan plak. Dimana plak tersebut nantinya berpotensi untuk menyumbat pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung maupun stroke. Untuk itu, kenali makanan yang dianjurkan dikonsumsi di bawah ini:

  1. Ikan dan Makanan Laut

Perlu Anda ketahui, bahwa makanan laut seperti salmon, ikan, sarden, dan lain sebagainya merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Dengan begitu, mengkonsumsi makanan tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Meski makanan tersebut termasuk tinggi akan lemak, akan tetapi makanan laut serta ikan termasuk mengandung lemak sehat. Hal itulah yang nantinya akan menurunkan kadar lemak darah serta meningkatkan kolesterol baik. Hal tersebut juga dapat menurunkan risiko terkena sakit jantung.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mempunyai manfaat dalam mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol. Keberadaan tersebutlah yang nantinya akan membantu merangsang kantung empedu dalam memproduksi lebih banyak asam empedu memakai kolesterol dari dalam darah.

Hal tersebut yang akan menyebabkan kolesterol darah menjadi menurun. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya untuk banyak mengkonsumsi sayuran. Seperti bayam, kangkung, brokoli, kubis, dan lain sebagainya.

  1. Kacang-kacangan

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kacang-kacangan pada dasarnya terbukti dapat menurunkan kolesterol. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan fitosterol yang dapat menghambat proses penyerapan kolesterol jahat di usus. Tidak heran jika sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kacang-kacangan disini juga merupakan sumber nutrisi lemak sehat dan asam amino. Kedua nutrisi tersebut dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi tekanan darah serta jantung sehingga membantu memelihara kesehatan tubuh dan organ yang ada di dalamnya.

  1. Biji-bijian Utuh

Tidak hanya beberapa makanan di atas, biji-bijian utuh juga termasuk sebagai salah satu jenis makanan yang dapat membantu seseorang dalam menurunkan kolesterol. Dengan begitu, jenis makanan ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi adanya resiko penyakit jantung.

Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Mulai dari beta glucan, senyawa bioaktif, mineral, hingga vitamin. Serat beta atau beta glucan sendiri adalah nutrisi yang paling bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Produk Olahan Kedelai

Perlu Anda ketahui bahwa kedelai dan produk olahannya mengandung isoflavon dan protein yang cukup. Kedua kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Seperti tahu, tempe, susu kedelai, edamame, dan masih banyak lagi.

Kedelai sendiri cukup baik untuk dikonsumsi pasalnya dapat Anda manfaatkan sebagai sumber protein yang memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah dibandingkan dengan daging. Terdapat pula kandungan penting lainnya seperti serat, mineral, hingga vitamin.

  1. Oat

Siapa yang tidak mengenal oat? Oat disini merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari gandum. Anda tentu juga sudah tidak asing lagi dengan keberadaan jenis makanan tersebut. Terlebih, oat juga sudah dijual secara bebas di pasaran sehingga mudah untuk menemukannya.

Oat tersebut juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Salah satu kandungan penting tersebut adalah beta glucan. Kandungan tersebut bahkan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol saat mengkonsumsi makanan tertentu.

Itu tadi beberapa pilihan jenis makanan bagi penderita kolesterol tinggi. Saat memiliki keluhan mengenai kolesterol yang meningkat, maka Anda dapat menurunkannya dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan di atas.

 

Tags: #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis
Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis
Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya
Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya
Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan

Tinggalkan pesan "Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi"

Baca Juga×

Top