Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

In Kesehatan, Penulis Tamu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa merupakan sebuah ibadah menurut agama islam. Mengapa dalam agama Islam di Syariatkan untuk berpuasa? Tentu saja ada faktor-faktor yang menyebabkan puasa itu menjadi hal yang wajib dalam agama atau sunnah (jika dikerjakan mendapatkan pahala, jika tidak dikerjakan tidak masalah. Tidak ada paksaan dalam pelaksanaanya). Para pakar ilmiah telah membuktikan bahwa puasa merupakan suatu pekerjaan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Apa saja manfaat yang bisa di dapat dari berpuasa? Ini dia:

  • Mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

Ketika sedang berpuasa, secara otomatis perut akan menjadi kosong dan tidak ada makanan ataupun minuman yang masuk. Karena tidak ada lagi makanan ataupun minuman yang masuk, maka seharian penuh perut akan bekerja dengan semaksimal mungkin agar racun dapat keluar secara optimal. Ini akan menyehatkan tubuh dari berbagai macam penyakit yang datang dari makanan dan minuman.

  • Waktu istirahat bagi alat pencernaan.

Nah ini tidak jauh berbeda dengan yang di atas, karena tidak ada sama sekali makanan dan minuman yang masuk maka lambung dan usus dapat beristirahat sejenak. Misalkan saja kita bekerja seharian terus tanpa berhenti dan tanpa istirahat sudah dipastikan akan terasa capeknya, seperti itulah mungkin yang dirasakan lambung dan usus jika disuruh bekerja terus untuk mencerna makanan.

  • Dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam agama Islam syarat diterimanya puasa adalah dengan menjaga nafsu makan dan nafsu duniawi. Dengan terjaganya hati dari hal-hal yang menyebabkan perasaan tidak nyaman, maka tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

  • Menurunkan kadar lemak.

Dengan berpuasa berarti juga mengurangi jumlah makanan yang di makan. Hal ini dapat dijadikan program diet bagi yang sedang mengalami penumpukan lemak pada tubuhnya. Tidak cukup dengan berpuasa saja, tetapi juga harus tetap beraktifitas atau memperbanyak gerakan agar semakin cepat menurunkan kadar lemak.

  • Menenangkan jiwa dan perasaan.

Tidak jauh berbeda dengan kolom yang di atas, dengan berpuasa dapat menahan hawa nafsu dan itu merupakan salah satu syarat diterimaya puasa. Maka agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, memperbanyak ibadah merupakan cara terbaik untuk menenangkan hati dan jiwa.

  • Memberikan rasa empati kepada orang yang kurang mampu.

Salah satu maksud diperintahkannya berpuasa adalah untuk merasakan apa yang orang tidak mampu rasakan, salah satunya adalah makan. Dengan merasakan apa yang rasakan akan timbul rasa solidaritas untuk saling membantu mencukupi kebutuhan orang lain.

Semoga bermanfaat.

Penulis Syahid Elhawk ( Santrigaul.net )

Related Search

Tags: #Informasi #Kesehatan #Syahid Elhawk

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan"

CommentLuv badge

Must read×

Top