Materi TKJ: Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen Komunikasi Data

Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen Komunikasi DataMateri TKJ: Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen Komunikasi DataRizkyzone.com Teknologi yang maju memberikan banyak inovasi-inovasi yang memudahkan kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang hampir dimiliki semua orang di dunia adalah komputer. Tentunya di dalam komputer terdapat jaringan –jaringan tertentu. Pada tulisan ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai jaringan komputer, macam-macam jaringan komputer, dan juga komponen-komponen komunikasi data. Untuk kamu yang belum mengetahuinya, bisa membaca ulasan di bawah ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Sebenarnya apa sih fungsi dari jaringan komputer ? Sebelumnya kita cari tahu dulu mengenai pengertian jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang dirancang untuk bisa berbagai sumber daya misalnya printer dan CPU, bisa berkomunikasi misalnya pesan instan dan surel, dan dapat mengakses informasi misalnya peramban web.

Jaringan komputer tersebut berbentuk kumpulan terminal komunikasi atau komputer personal yang berintegrasi dengan media fisik dalam sebuah kendali teknis untuk kebutuhan aplikasi komunikasi tertentu. Dari sini bisa kita lihat tujuan dari jaringan komputer yaitu bisa meminta dan memberikan layanan (service) kepada pihak yang meminta/menerima.

Jaringan komputer sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia karena sangat berperan aktif dalam penggunaan teknologi. Dengan jaringan tersebut bisa membantu menyelesaikan tugas dengan cepat

Macam-macam Jaringan Komputer

Sedikit mengutip dari  website www.materitkj.com Jaringan komputer dibagi menjadi empat jenis dan dibedakan berdasarkan lingkup geografis host-host pengisi, jenis media transmisi yang dipakai, dan juga termasuk konfigurasi interkoneksi media serta aplikasi yang dipakai untuk bertukar informasi.

  1. PAN (Personal Area Network)

PAN atau Personal Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang dipakai untuk berkomunikasi antara komputer perangkat dekat dari satu orang. Nah, perangkat tersebut boleh jadi bukan milik orang tersebut.

Jangkauan dari PAN ini biasanya hanya beberapa meter saja. PAN bisa dipakai untuk berkomunikasi antara perangkat pribadi itu sendiri (intrapersonal komunikasi) atau bisa menghubungkan ke tingkat lebih tinggi dan dengan jaringan internet (an uplink).

  1. LAN (Local Area Network)

Jaringan ini diimplementasikan dalam daerah geografis yang terbatas. Jaringan komputer ini terhubung dan tergabung dalam sebuah network secara fisik dan logika. Media yang digunakan dibatasi hanya satu jenis saja sehingga membuat lingkup geografis dari LAN hanya sepanjang jangkauan maksimal dari media tersebut.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau metropolitan area network ini memiliki daerah geografis yang lebih luas daripada LAN atau local area network. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan komputer lebih dari satu jenis media. Contohnya seperti koneksi antar komputer pada sebuah perusahaan dan juga dalam satu pengelola teknis.

  1. WAN (Wide Area Network)

Jaringan ini merupakan integrasi dari berbagai network yang saling terhubung dengan memakai media dan teknologi yang beraneka ragam. Kendali teknisnya juga sangat banyak dan setelah sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi, jaringan ini lebih terkenal dengan nama internet.

Komponen Komunikasi Data

Selanjutnya kita akan mempelajari mengenai komponen komunikasi data tapi sebelumnya kita lihat dulu pengertian dari komunikasi data. Komunikasi data adalah sebuah bentuk komunikasi yang bisa mengirimkan informasi dalam bentuk data digital.

Awalnya, informasi berbentuk suara, gambar, atau teks, lalu diubah dalam satuan data digital oleh perangkat komputer. Implementasinya bisa kita jumpai di banyak aplikasi komunikasi.

Sedangkan, komponen-komponen komunikasi data di antaranya adalah sumber (source), pengirim (transmitter), sistem transmisi, penerima (receiver), dan tujuan (destination).

Sumber (source)

Sumber (source) adalah alat untuk membangkitkan data atau informasi yang akan dikirimkan. Sumber bisa berfungsi untuk mengubah informasi yang sebelumnya berupa audio, video, atau teks, menjadi sebuah data untuk diproses pada sistem komputer.

Pengirim (transmitter)

Transmitter berupa alat yang digunakan untuk memproses data atau informasi yang diterima dari sumber (source) agar bisa disalurkan oleh sistem atau media transmisi tersebut.

Sistem Transmisi

Sistem transmisi berupa sebuah jalur tunggal atau jalur kompleks yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan. Sistem ini bisa berupa media wireline atau media wireless.

Penerima (receiver)

Penerima ini adalah alat untuk menerima sinyal dari sistem tansmisi dan juga berfungsi untuk memproses informasi yang didapat oleh tujuan. Receiver ini bisa berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.

Tujuan (destination)

Tujuan atau destination biasa berupa software aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan informasi kepada pengguna dari jaringan komputer.

Demikian informasi mengenai materi tkj dan juga mengenai jaringan komputer serta komunikasi data. Semoga dapat bermanfaat untuk yang belum mengetahuinya.

Related Search

Tags: #Blogger Indonesia #Informasi #Teknologi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Materi TKJ: Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen Komunikasi Data"

CommentLuv badge

Must read×

Top