Mau Diet Sehat? Jadilah Manusia Purba

In Kesehatan, Penulis Tamu

Mau Diet Sehat? Jadilah Manusia PurbaMau Diet Sehat? Jadilah Manusia PurbaRizkyzone.com Menjadi manusia purba yang dimaksud adalah menjalankan pola diet atau pola makan yang biasa sering dilakukan oleh Manusia Purba pada zaman dulu. Diet ini sering dibilang atau disebut diet paleo. Lalu kenapa kita harus mengadopsi pola makan yang dilakukan oleh nenek moyang dari nenek moyang kita?

Manusia gua dijadikan suatu pedoman atau rujukan untuk membantu kita melakukan pola diet yang sehat dan aman dikarenakan pola makan manusia purba dapat dikatakan sangat sehat dan sangat direkomendasikan untuk diet era modern sekarang ini. Dalam menjalankan diet ini, makanan yang kita konsumsi akan sangat dibuat semirip mungkin dengan menu makanan yang ada di zaman manusia purba.

Diet paleo ini dianggap merupakan salah satu diet yang optimal dan bahkan sudah teruji klinis membantu menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti kardiovaskular, tekanan darah, dan peradangan. Hasil beberapa uji klinis juga menunjukkan bahwa diet paleo ini mampu untuk menurunkan berat badan, mengurangi jerawat di muka, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kemampuan atletik tubuh.

Mau Diet Sehat? Jadilah Manusia Purba

Pada umumnya menu makanan yang dikonsumsi oleh nenek moyang kita ini adalah makanan-makanan yang didapatkan dengan cara alami dan cara kuno (pastinya) seperti memancing, berburu dan yang ditemukan di alam. Secara umum makanan tersebut adalah daging, ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan lain yang sering dikonsumsi oleh “kakek dan nenek” kita adalah umbi-umbian dan kerang.

Akan tetapi suatu kondisi yang mustahil akan menghantui kita pastinya untuk mengkonsumsi menu yang sama persis dengan manusia gua mengingat semuanya sudah serba kimia pada saat ini. Bagaimanapun sangat banyak sekali makanan saat ini yang beredar bukan berasal dari alam liar melainkan dari hasil pabrik. Kita biasa mengonsumsi makanan yang dihasilkan pabrik, pertanian dan budidaya.

Meski kita sama sekali tidak bisa mengikuti menu makanan manusia gua secara seratus persen maka tenang saja, karena ada versi modern dari menu manusia purba yang bisa kita konsumsi. Salah satu yang dijadikan patokan adalah makanan bebas gluten. Gluten sendiri bersifat seperti lem atau perekat yang merupakan gabungan protein yang bisa ditemukan di dalam gandum.

Kelompok makanan yang bebas gluten adalah sebagai berikut :

  • Sayur-sayuran.
  • Buah-buahan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian yang bebas dari pestisida dan fungisida.
  • Daging rendah lemak yang dimana makan rumput-rumputan atau mencari makan sendiri.
  • Ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel dan tuna.
  • Minyak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti minyak zaitun dan minyak wallnut.

Lalu apa saya yang harus dihindari dalam melakukan diet ini?

  • Aneka produk susu
  • Kacang lentil, kacang polong dan kacang tanah
  • Biji-bijian yang sudah terkena pestisida dan kentang.
  • Gula
  • Semua makanan kemasan pada umumnya

Mereka yang sedang dalam melakukan diet ini, sangat tidak dianjur untuk meminum produk lain selain dari air putih, air kelapa, atau teh hijau organik. Jika ingin memberikan rasa manis, kita bisa menambahkan madu asli atau gula kelapa asli.  Walaupun kita diperbolehkan dalam mengkonsumsi madu mentah dan gula kelapa, tetap saja kita harus membatasinya. Yang pasti harus dilakukan oleh pelaku diet ini adalah harus tetap rajin melakukan latihan fisik.

Siapakah yang direkomendasikan untuk melakukan diet ini?

Seperti yang dikatakan di atas bahwa diet ini adalah diet yang diharuskan bagi kita untuk menghindari gluten, maka diet ini sangat cocok sekali bagi Anda yang menderita diabetes. Sumber makanan yang terdapat dalam diet ini adalah sumber makanan yang mengandung sedikit tingkat indeks glikemik. Jenis makanan membuat pankreas kita tidak perlu bekerja banyak sehingga kita tidak perlu untuk mengkonsumsi banyak obat untuk diabetes dan pankreas.

Selain itu, diet ini dianggap sangat cocok untuk penderita diabetes dikarenakan diet ini mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan rendah lemak serta kaya akan serat sehingga membantu kita untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah kenaikan berat badan. Selain baik untuk penderita diabetes, diet ini juga bagus untuk para penderita penyakit jantung dan penderita penyakit berat lainnya. Diet ini juga dianggap bagus untuk membersihkan racun, mempertajam daya ingat kita, serta membuat kinerja koneksi antar organ kita menjadi lebih baik.

Meski diet ini mempunyai prospek hasil yang baik karena berfokus pada makanan alami, akan tetapi diet ini terbilang cukup ketat sehingga tidak semua mampu untuk menjalankannya dalam waktu yang cukup lama. Kesulitan lainnya adalah sudah pasti waktu, kenapa waktu? Karena kita dipaksa untuk mengonsumsi (meraba) makanan yang dikonsumsi manusia purba pada zaman dahulu padahal kita tahu bahwa kondisi saat itu dan kondisi saat ini sangat jauh berbeda dan sangat sulit untuk mendapatkan patokannya.

Yang paling dikhawatirkan bagi orang-orang yang menjalankan diet ini adalah orang-orang tersebut diperkirakan akan mengalami kekurangan keseimbangan gizi dikarenakan ada sejumlah makanan bergizi yang dilarang seperti susu misalnya.

Guest Post by Gilbert Subay (http://gayahidupgua.com/)

Related Search

Tags: #Gilbert Subay #Informasi #Kesehatan

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Mau Diet Sehat? Jadilah Manusia Purba"

CommentLuv badge

Must read×

Top