var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7244 single-format-standard kentooz" id="top">

Memahami Pengertian dan Contoh Otot Sinergis

Di Pendidikan, Umum, Vira ID 25 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Contoh Otot SinergisMemahami Pengertian dan Contoh Otot Sinergis – Setiap orang tentu memiliki otot di dalam tubuhnya. Baik itu tubuh yang terlihat gemuk ataupun kurus. Keberadaan otot sendiri akan membantu menopang gerak manusia. Salah satu jenis otot tersebut adalah sinergis. Tentu sangat penting untuk memahami terlebih dahulu pengertian dan contoh otot sinergis.

Memahami Pengertian dan Contoh Otot Sinergis

Pengertian Otot secara Umum

Perlu Anda ketahui, bahwa otot adalah jaringan pada tubuh manusia yang dapat berkontraksi/mengerut dan relaksasi/mengendur. Ketika otot melakukan kontraksi, maka keberadaannya akan jauh lebih pendek. Berbeda ketika otot tersebut sedang relaksasi maka akan lebih memanjang.

Jika dilihat secara umum, maka otot memiliki porsi sekitar 35-45% dari berat badan tubuh seseorang. Otot tersebut akan selalu bekerja bahkan saat seseorang sedang tidur sekalipun. Adapun contohnya adalah otot-otot yang mengatur sistem pernapasan manusia.

Untuk meningkatkan massa otot di dalam tubuh, maka Anda bisa melakukan olahraga secara teratur. Pembentukan otot ini sendiri akan sangat bergantung dengan jenis olahraga serta pola makan seseorang. Dengan begitu, tidak perlu khawatir akan terlalu kekar.

Pengertian dan Contoh Otot Sinergis

Otot sinergis merupakan salah satu otot dengan cara kerja yang saling bersinergi. Sesuai dengan namanya, cara kerja otot tersebut terjadi di sekitar sendiri. Adapun fungsinya adalah untuk membantu mengurangi kekuatan berlebihan yang dihasilkan oleh otot antagonis.

Lantas apa saja contoh dari otot sinergis tersebut. Yaitu otot brachioradialis dan brachialis di area lengan bawah. Fungsinya yakni membantu otot bisep dalam menarik lengan ke arah bawah ke bahu dengan gerak fleksi. Selain itu, masih ada banyak lagi contoh otot tersebut.

Seperti otot antara tulang rusuk yang saling bekerja sama saat seseorang menarik napas. Terdapat pula otot pronator berfungsi mengatur gerak telapak tangan untuk menelungkup. Selain itu, contoh lainnya adalah seluruh otot supinator untuk mengatur pergerakan telapak tangan agar mampu menengadah.

Pengertian Otot Antagonis

Selain terdapat otot sinergis, terdapat pula otot antagonis. Yaitu dua otot atau lebih yang memiliki cara kerja berlawanan. Setiap manusia juga memiliki otot tersebut. Adapun contohnya adalah otot bisep dan trisep. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Saat ingin mengangkat lengan bawah, maka otot bisep akan berkontraksi serta otot trisep berelaksasi. Dengan begitu, pergerakannya tidak saling searah dan berbeda dengan otot sinergis. Kemudian, untuk menurunkan lengan bawah, maka otot trisep berkontraksi serta bisep relaksasi.

Otot antagonis sendiri memiliki beberapa macam. Diantaranya seperti otot ekstensor (meluruskan) dengan otot fleksor (membengkokkan), otot supinator (menengadah) dengan otot pronator (menelungkup), otot abductor (menjauhi sumbu badan) dengan otot adductor (mendekati sumbu badan).

Cara Kerja Otot Manusia

Saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti berolahraga, maka tentu ingin bergerak sesuai dengan keinginan masing-masing. Hal ini disebut juga dengan cara kerja otot. Nantinya, tulang-tulang akan digerakkan oleh otot yang saling berkontraksi.

Adapun bagian otot yang saling berkontraksi tersebut adalah sel-sel otot. Proses tersebut terjadi akibat adanya pengaruh rangsangan lewat saraf. Selanjutnya, rangsangan tersebut akan mempengaruhi sebuah zat peka pada rangsangan.

Kemudian, saat otot berkontraksi maka ukurannya dapat berubah menjadi membesar, mengeras, dan memendek. Selanjutnya, tulang tempat otot akan tertarik lalu tulang ikut bergerak. Adanya pergerakan tulang tersebut juga akan menjadikan sendiri bergerak.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai otot dan contoh otot sinergis yang dapat Anda ketahui. Otot sendiri termasuk sebagai bagian organ gerak manusia secara aktif. Otot terdapat di seluruh tubuh sehingga dapat ditemukan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Sumber Gambar : https://www.fakta.id/media/uploads/7/6f8ca6909e892631ef5f7d30e8a5c850.jpg

Pencarian Terkait

Tags: #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
Inilah 5 Pertanda Mimpi Api, Pertanda Apakah?
Inilah 5 Pertanda Mimpi Api, Pertanda Apakah?
Inilah 5 Pertanda Mimpi Api, Pertanda Apakah?
Wajib Tahu, Mengapa Penting untuk Memahami Customer Acquisition Cost
Wajib Tahu, Mengapa Penting untuk Memahami Customer Acquisition Cost
Wajib Tahu, Mengapa Penting untuk Memahami Customer
Cara Merawat Karakter Bahan Linen yang Perlu Diperhatikan
Cara Merawat Karakter Bahan Linen yang Perlu Diperhatikan
Cara Merawat Karakter Bahan Linen yang Perlu
Baca Juga×

Top