var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-6954 single-format-standard kentooz" id="top">

Mengenal apa itu Penyakit Eksim Beserta Cara Penanganannya

Di Kesehatan, Vira ID 213 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Penyakit EksimPenyakit eksim adalah gangguan yang sering terjadi pada kulit kering. Umumnya ditandai dengan gatal serta muncul ruam merah. Ada beragam penyebabnya begitu pun dengan cara mengobatinya. Biasanya dapat melakukan perawatan mandiri hingga harus menjalani pengobatan dari dokter.

Mengenal apa itu Penyakit Eksim Beserta Cara Penanganannya

Apa Itu Eksim?

Istilah eksim ini sebenarnya mengacu pada penyakit dermatitis atopic. Keadaan ini seringkali dialami oleh kalangan anak-anak dan kerap kambuh hingga mereka tumbuh dewasa. Sebagian keluhan ini juga umum terjadi bagi mereka yang berumur atau bahkan lansia dimana belum pernah mengalaminya.

Eksim kering ini ditandai dengan kulit gatal yang terasa terus menerus terutama jika di malam hari. Kondisi ini menyebabkan munculnya ruam pada beberapa bagian tubuh seperti leher, kaki, tangan, lutut, dada, lekuk siku dan lutut, kulit kepala, kelopak mata hingga wajah.

Penyebab dari eksim pun belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Ada beberapa faktor yang bisa memicu atau memperburuk gangguan ini seperti alergi, mandi terlalu lama, cuaca dingin dan panas, sering berkeringat, kebiasaan menggaruk, mengenakan pakaian dari bahan sintetis hingga stress.

Bagaimana Penanganan Eksim?

Membantu dan mengurangi gejala dan rasa gatal dari penyakit eksim ini Anda bisa mencoba beberapa pengobatan secara mandiri atau dapat menggunakan produk kuntoem sebagai solusi. Selanjutnya jika dirasa hal ini kurang efektif atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali maka dapat dikonsultasikan bersama dokter kulit.

Berikut cara penanganannya:

  1. Tidak Menggaruk

Rasa gatal akan semakin parah apabila eksim sedang kumat. Tentu semua penderita ingin sekali untuk menggaruknya. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan lantaran menyebabkan kulit mengalami iritasi dan menjadi rusak. Parahnya kuman dari tangan pun berpindah dan memperparah keadaan tersebut.

Anda bisa memberikan kompres dingin pada permukaan kulit yang terasa gatal untuk meminimalkan rasanya. Cara ini dapat dilakukan selama 10 sampai 15 menit hinga rasanya sudah lebih membaik. Langkah pengompresan ini perlu diulang sebanyak 2 – 3 hari sekali.

  1. Menggunakan Pelembap

Eksim kering dapat menyebabkan kulit pecah-pecah. Penting sekali untuk menjaga kelembapan agar tetap terlihat sehat. Anda bisa menggunakan pelembab setelah mandi dan sebelum tidur. Pastikan memilih produk yang memiliki formulasi tepat dan tidak berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif.

Cara ini tentu cukup penting untuk dilakukan sendiri. Anda bisa mencoba Kuntoem Comforting Cotton Lotion  lotion yang berfungsi sebagai barier kulit dan mudah menyerap dikulit, menjadikannya lembab, lembut dan halus karena diperkaya ekstrak biji kapas, minyak alpukat, minyak almond formulasi ini membuat kulit tidak lengket dan sangat cocok digunakan pada iklim tropis.

  1. Menghindari Mandi Terlalu Lama

Kebiasaan mandi terlalu lama akan membuat kulit semakin kering dan rusak. Hal ini bisa menjadi penyebab yang memperparah keadaan ini sehingga harus diusahakan untuk melakukannya cukup selama 5 hingga 10 menit saja.

Gunakanlah sabun yang memiliki tekstur lembut, tidak mengandung pewarna, fragrance menyengat ataupun kandungan anti bakteri sebab memicu kulit mengalami iritasi. Anda bisa menggunakan bedak setelah mandi secara merata untuk menjaga kelembabannya.

Selain menggunakan bedak setelah mandi anda juga dapat mencoba untuk menggunakan Kuntoem Head-to-toe Nourshing Wash adalah sabun untuk badan dan rambut yang mengandung ekstrak botani dan organik essential oil yang mampu membersihkan kotoran pada rambut serta badan dan tidak pedih di mata.

  1. Pengobatan dari Dokter

Anda bisa melakukan pengobatan bersama dokter apabila beberapa cara di atas belum membuahkan hasil juga. Hal ini juga perlu dilakukan apabila keadaan kulit justru semakin parah atau bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Umumnya dokter akan memberikan obat-obatan seperti kortikosteroid, imunosupresan berupa kortikosteroid dan tacrolimus, antihistamin dan antibiotik apabila mengalami infeksi kulit. Biasanya diberikan dalam bentuk salep atau krim namun ada juga berupa obat minum.

Penyakit eksim adalah gangguan yang sering dialami oleh pemilik kulit kering. Penyebabnya pun beragam mulai dari alergi hingga kebiasaan mandi terlalu lama. Anda bisa melakukan pengobatan secara mandiri maupun berkonsultasi dengan dokter.

Sumber Gambar : https://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/images/eksim_20171117_154118.jpg

Tags: #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria –
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
4 Manfaat Parfum Molto untuk Pakaian
4 Manfaat Parfum Molto untuk Pakaian
4 Manfaat Parfum Molto untuk Pakaian –

Tinggalkan pesan "Mengenal apa itu Penyakit Eksim Beserta Cara Penanganannya"

Baca Juga×

Top