var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7246 single-format-standard kentooz" id="top">

Mengenal Gejala Osteoporosis yang Wajib Anda Waspadai

Di Kesehatan 241 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Mengenal Gejala OsteoporosisMengenal Gejala Osteoporosis yang Wajib Anda Waspadai Apakah Anda sering mengalami gejala osteoporosis ? Jika iya, maka tentu sangat penting untuk segera mengatasinya. Osteoporosis sendiri termasuk salah satu kondisi dimana kepadatan tulang mulai berkurang. Tidak heran jika menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah mengalami cidera.

Apa Saja Gejala Osteoporosis?

Tahukah Anda, bahwa umumnya osteoporosis jarang menimbulkan gejala. Umumnya, hal ini akan baru diketahui saat penderita jatuh atau mengalami cidera sehingga menyebabkan patah tulang. Terlebih, penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja. Baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Akan tetapi, penyakit tersebut lebih sering menyerang perempuan yang sudah memasuki masa menopause. Kondisi tersebut terjadi akibat berkurangnya hormon estrogen. Yakni salah satu hormon dengan peran penting terutama dalam menjaga kepadatan tulang.

Osteoporosis sendiri sering kali tidak menimbulkan gejala apapun. Adapun gejala umum tersebut seperti postur badan membungkuk, tinggi badan menjadi berkurang, mudah mengalami patah tulang meski hanya karena benturan ringan. Bisa juga menimbulkan nyeri punggung akibat patah tulang belakang.

Beberapa Fakta tentang Penyakit Osteoporosis

Sekarang ini ada banyak mitos tentang osteoporosis yang menyebar di masyarakat. Padahal, beberapa diantaranya tidak sepenuhnya benar ataupun salah. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja faktanya. Di bawah ini penjelasan selengkapnya:

  1. Osteoporosis Menyerang Lansia

Salah satu tanda-tanda atau gejala adanya serangan osteoporosis adalah tulang yang lemah dan rapuh, postur tubuh membungkuk, serta rentan mengalami patah tulang. Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwa tidak semua lansia mengalami keadaan tersebut. Pasalnya, hal ini tergantung pola hidup seseorang.

Terutama yang dilakukan sejak usia muda. Osteoporosis juga dapat menjadi salah satu masalah paling menakutkan bagi mereka ketika sudah memasuki usia 30 tahunan. Terlebih, pengeroposan tulang dapat terjadi secara alami ketika seseorang menginjak usia tersebut. Oleh sebab itu, perlu segera mencegahnya.

  1. Osteoporosis Tidak Dapat Disembuhkan

Perlu Anda pahami, bahwa gangguan kesehatan yang satu ini bukan tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi, memang lebih baik apabila mencegahnya dari awal. Dengan begitu, resiko terkena penyakit tersebut dapat diminimalisir sebaik mungkin dari usia muda.

Umumnya, dokter akan memberikan obat-obatan penguat tulang serta suplemen kalsium tambahan dengan vitamin C, vitamin B6, hingga vitamin D. Selain itu, pastikan juga mengonsumsi CDR sebagai salah satu suplemen tambahan untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

  1. Hanya Menyerang Kaum Perempuan

Pada dasarnya, hal ini hanyalah sekedar mitos belaka. Pasalnya, dalam beberapa kasus pria juga dapat mengalami gangguan kesehatan tersebut. Yakni pengeroposan tulang terlebih jika sudah memasuki usia lansia. Terlebih, adanya penuaan juga akan mempengaruhi hormon dan kesehatan tulang.

Belum lagi jika seseorang menjalankan gaya hidup sehat. Tentu saja bukan tidak mungkin di usia lansia seorang pria mengalami gangguan kesehatan satu ini. Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan kesehatan tulang sejak usia muda agar ketika tua tidak sakit-sakitan.

  1. Hanya Menyerang Wanita Menopause

Perlu Anda ketahui, bahwa hormon akan memberikan pengaruh besar terhadap pengeroposan tulang seseorang. Terlebih, ketika seorang wanita sudah memasuki fase menopause, maka kadar estrogen akan mengalami penurunan. Hal tersebut dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun.

Akan tetapi, pada dasarnya hormonal bukan satu-satunya penyebab utama. Pasalnya, masih ada banyak faktor penyebab lainnya yang juga turut berperan terjadinya osteoporosis tersebut. Contohnya gaya hidup tidak sehat, berat badan kurang, merokok, diet tidak seimbang, dan masih banyak lagi.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa gejala osteoporosis dan berbagai fakta menariknya. Tentu sangat penting untuk mengetahui beberapa informasi tersebut. Hal ini juga akan menyadarkan Anda untuk terus hidup sehat dan menjaga pola makan agar di masa tua tidak mudah terserang gangguan kesehatan.

Pencarian Terkait

Tags: #Informasi #Kesehatan

author
Penulis: 
Cara Mengobati Flu Mudah dan Bisa Dipraktekkan Sendiri
Cara Mengobati Flu Mudah dan Bisa Dipraktekkan Sendiri
Cara Mengobati Flu Mudah dan Bisa Dipraktekkan
5 Produk Shampo Rambut Rontok yang sangat Ampuh
5 Produk Shampo Rambut Rontok yang sangat Ampuh
5 Produk Shampo Rambut Rontok yang sangat
Mengenal Sindrom Nefrotik dan Gejala yang Biasa Muncul
Mengenal Sindrom Nefrotik dan Gejala yang Biasa Muncul
Mengenal Sindrom Nefrotik dan Gejala yang Biasa
Dosis yang Tepat untuk Konsumsi Ciprofloxacin
Dosis yang Tepat untuk Konsumsi Ciprofloxacin
Dosis yang Tepat untuk Konsumsi Ciprofloxacin – Bagi
Baca Juga×

Top