Waktuku

Mengenal Tim Ujung Tombak Pelestarian Hutan Bentukan Perusahaan Sukanto Tanoto

Perusahaan Sukanto TanotoMengenal Tim Ujung Tombak Pelestarian Hutan Bentukan Perusahaan Sukanto Tanoto – Rizkyzone.com Salah satu kendala terbesar dalam menjaga kelestarian hutan ialah kebakaran hutan dan lahan. Insiden ini sangat menyulitkan dalam membuat hutan terus alami. Untuk mengatasinya, perusahaan Sukanto Tanoto membentuk tim yang bisa menjadi ujung tombak dalam penanganan kebakaran hutan.

Tim tersebut adalah Crew Leader yang merupakan bagian dari program Desa Bebas Api. Kegiatan ini digagas oleh perusahaan Sukanto Tanoto pada 2014 untuk menjaga kelestarian hutan. Pada prinsipnya, program ini mengajak masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam penanganan kebakaran hutan.

Kegiatan ini bersifat antisipatif. Caranya adalah dengan mengajak warga untuk mengamankan desanya dari kebakaran. Jika mampu melakukannya dalam waktu setahun, desa tersebut akan mendapatkan insentif sebesar Rp100 juta dalam bentuk bantuan infrastruktur ataupun pembangunan sarana umum.

Sebagai bagian dari program Desa Bebas Api dibentuklah Crew Leader di setiap desa. Mereka adalah para warga desa yang diberi tanggung jawab untuk berekasi terhadap kebakaran lahan dan hutan di wilayahnya.

Tentu saja ada pelatihan khusus yang digelar bagi para Crew Leader. Mereka diajari untuk memadamkan api secara efektif dan dbekali peralatan memadai untuk proses pemadaman api.

Crew Leader pantas disebut sebagai salah satu ujung tombak dalam upaya menjaga kelestarian hutan. Merekalah yang langsung bekerja aktif dalam pemadaman ketika kebakaran terjadi.

Crew leader ini merupakan perpanjangan tangan perusahaan untuk melakukan berbagai kegiatan guna antisipasi dan siaga di desanya. Mereka sengaja dipilih dari warga desa yang kami bina. Sebab, selain mereka lebih mengenal wilayah kerjanya, hal ini juga berarti turut memberikan peluang kerja bagi warga,” demikian pernyataan dari perusahaan Sukanto Tanoto.

Program Desa Bebas Api berjalan efektif. Jumlah desa yang tertarik untuk mengikutinya di Provinsi Riau terus meningkat. Dari semula hanya tiga desa kini telah berkembang menjadi 18 desa yang berkomitmen menjaga wilayahnya bebas dari kebakaran hutan. Jumlah itu bisa terus bertambah ke depannya.

Kesuksesan program Desa Bebas Api juga membuat pemerintah memberikan apresiasi kepada perusahaan Sukanto Tanoto. Bahkan, pemerintah sedang mengkajinya untuk diterapkan di wilayah lain. “Kami terus melihat dan mempelajari. Program seperti ini bagus untuk dikembangkan,” jelas Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Komitmen perusahaan Sukanto Tanoto dalam menjaga kelestarian hutan memang tidak perlu diragukan lagi. Mereka telah menjadikannya sebagai dari operasi perusahaan. Sebagai pendiri, Sukanto Tanoto sendiri telah menggariskan agar bisnisnya bermanfaat bagi iklim. Upaya menjaga kelestarian hutan merupakan salah satu wujud nyatanya.

Bukan hanya itu, melalui Tanoto Foundation yang didirikannya, Sukanto Tanoto juga menggagas pendirian Tanoto Forestry Information Center di Institut Pertanian Bogor. Kerjasama Tanoto Foundation dengan perguruan tinggi diharapkan akan bisa mendorong kemajuan ilmu kehutanan demi memudahkan upaya menjaga kelestarian hutan dan pengelolaan hutan.

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate – Rizkyzone.com
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan  – Rizkyzone.com

Leave a reply "Mengenal Tim Ujung Tombak Pelestarian Hutan Bentukan Perusahaan Sukanto Tanoto"

CommentLuv badge
Must read×

Top