Orang Tua Wajib Mewaspadai 7 Gejala Alergi pada Bayi

bayi alergi Orang Tua Wajib Mewaspadai 7 Gejala Alergi pada Bayi – Menjaga kesehatan bayi tak sekadar memperhatikan asupan nutrisi, kebersihan tubuh, dan kelengkapan vaksinnya saja. Karena orang tua juga wajib memperhatikan kesehatan bayi melalui kondisi tubuhnya. Hal ini tentu wajar karena bayi belum bisa menyampaikan rasa tak nyaman yang dialaminya. Bahkan ternyata bayi juga lebih rentan mengalami alergi daripada anak-anak dan orang dewasa.

Mengapa Bayi Rentan Mengalami Alergi ?

Daya tahan tubuh bayi belum sekuat daya tahan tubuh anak-anak dan orang dewasa. Sistem IgE (Imunoglobulin E) pada tubuh bayi masih berada dalam tahap pertumbuhan. Selain itu, sistem pencernaan bayi juga masih melakukan proses adaptasi terhadap makanan yang baru dikenalnya. Sehingga jenis makanan dengan kandungan protein tertentu dapat mengakibatkan bayi alergi dan membuat bayi tidak nyaman.

Mencermati Gejala Alergi pada Bayi

Orang tua yang cermat tentu mudah mengamati kondisi fisik bayi yang mengalami alergi. Beberapa gejala ini biasanya mengindikasikan kondisi alergi pada bayi :

Rewel dan Sering Menangis

Alergi pasti membuat bayi jadi rewel dan sering menangis. Hal ini tentu bisa terjadi karena tubuh bayi terasa gatal, sakit, dan tidak nyaman.

Ruam dan Bentol pada Kulit

Gejala yang satu ini biasanya juga dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Ruam dan bentol membuat kulit bayi tampak memerah dan biasanya menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Bagian Wajah Membengkak

Tak hanya sekujur tubuh yang bisa mengalami ruam dan bentol, bagian wajah bayi seperti mata, pipi, dan bibir juga bisa membengkak. Hal bisa disebabkan oleh alergi dari bulu hewan peliharaan atau makanan.

Muntah dan atau Diare

Gejala yang satu ini sudah menunjukkan reaksi alergi yang cukup parah. Tak hanya bisa disebabkan oleh bakteri pada makanan, ternyata muntah dan diare juga menjadi indikasi reaksi sistem pencernaan bayi terhadap alergi.

Batuk dan Bersin Terus-Menerus

Bayi yang batuk dan bersin terus-menerus belum tentu sedang mengalami flu. Segera periksakan ke dokter, mungkin saja bayi Anda justru mengidap alergi.

Sulit Bernapas dan Mulai Kehilangan Kesadaran

Pada tingkat alergi yang sangat parah, bukan mustahil bayi akan sulit bernapas dan mulai kehilangan kesadaran. Sebelum hal ini terjadi, bayi harus segera mendapatkan penanganan medis secara intensif.

Anda tak perlu khawatir dengan alergi yang mengintai kesehatan buah hati. Bila Anda senantiasa memperhatikan asupan gizi dan kesehatannya, niscaya jika bayi alergi dapat segera diatasi secara cepat dan efektif. Ada baiknya anda melakukan cek alergi anak bayi anda dengan datang langsung ke dokter atau melalui kuisioner di internet.

Related Search

Tags: #Bayi #Informasi #Kesehatan #perawatan

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Orang Tua Wajib Mewaspadai 7 Gejala Alergi pada Bayi"

CommentLuv badge

Must read×

Top