Penanganan Diare pada Ibu Hamil yang Baik dan Benar

Di Kesehatan, Penulis Tamu 500 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Penanganan Diare pada Ibu HamilPenanganan Diare Pada Ibu Hamil yang Baik dan Benar – Rizkyzone.com Apakah Anda khususnya yang lagi hamil pernah mengalami diare semasa hamil? Pastinya pernah kan? diare memang bisa menyerang siapa saja termasuk ibu hamil. Pertanyaannya adalah Kenapa ibu hamil bisa mengalami penyakit diare?

Secara umum, diare adalah jenis penyakit yang disebabkan karena ketidakmampuan usus besar menyerap air dari tinja secara sempurna. Dan penyebabnya adalah kuman penyakit, keracunan makanan dan alergi makanan tertentu.

Penanganan Diare Pada Ibu Hamil yang Baik dan Benar

Sebenarnya diare yang terjadi pada ibu hamil tergolong wajar-wajar saja, kenapa? Karena saat hamil, ibu biasanya mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuh.

Perubahan kadar hormon ini dapat mempengaruhi produksi asam lambung dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Dan hal tersebutlah yang menjadi faktor pemicu terjadinya diare pada ibu hamil.

Selain itu, diare pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena adanya tekanan pada lambung dan usus akibat ukuran rahim yang terus semakin membesar, kekurangan vitamin B dan asam folat, terlalu sering mengonsumsi vitamin D dan sering mengonsumsi makanan yang pedas-pedas.

Dan apa akibatnya apabila ibu hamil sering diare?

Seperti yang dikutip dari axefo, apabila ibu hamil mengalami diare kronis, maka akan mengakibatkan tubuh ibu hamil tersebut kehilangan banyak ion K (kalium), sehingga bisa mengganggu kerja organ tubuh, seperti gerakan kontraksi dan proses relaksasi otot.

Selain itu, apabila diare disertai dengan adanya penigkatan suhu tubuh, maka bisa menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil. Dan apabila ibu hamil mengalami dehidrasi tersebut, maka dapat menyebabkan kelahiran secara prematur, bahkan yang lebih fatal adalah keguguran.

Diare pada ibu hamil sebenarnya bisa disembuhkan, asalkan cara penyembuhannya tidak mengganggu perkembangan janin dalam kandungan dan kondisi si ibu sendiri.

Selain mengonsumsi obat dari dari dokter, diare juga bisa disembuhkan dengan cara penyembuhan alami seperti penggunaan obat herbal atau tradisional, yang mana penyembuhan dengan cara alami tersebut tidak mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.

Diare pada ibu semasa kehamilan biasanya terjadi hanya beberapa hari saja. Dan apabila semasa kehamilan diare terjadi terus-menerus, sebaiknya hubungi dokter atau ahli medis guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah pembahasan mengenai seputar penanganan diare pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama para ibu yang sedang hamil.

Tags: #Ach.Mustakim #Informasi #Kesehatan

author
Penulis: 
Berat Badan Anak Turun dan Susah Makan? Ini Solusnya!
Berat Badan Anak Turun dan Susah Makan? Ini Solusnya!
Berat Badan Anak Turun dan Susah Makan?
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat
7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak
7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak
7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk

Tinggalkan pesan "Penanganan Diare pada Ibu Hamil yang Baik dan Benar"

Baca Juga×

Top