Pencegahan dan Pengendalian Diabetes pada Anak

Pencegahan dan Pengendalian Diabetes pada AnakPencegahan dan Pengendalian Diabetes pada Anak – Penyakit diabetes pada anak-anak perlu semakin diwaspadai para orang tua. Jumlah anak-anak penderita diabetes terus meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup. Penyakit diabetes pada anak-anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang buruk, adanya riwayat diabetes di keluarga, anak lahir dengan berat badan rendah, serta kegemukan (obesitas). Diabetes yang menyerang anak – anak disebut maturity onset of diabetes the young (MODY).

Penyakit ini umumnya dimulai pada usia pertengahan. Melalui pemeriksaan lebih lanjut jika terlihat beberapa Gejala Diabetes pada anak maka kadar trigliserid akan lebih menunjukan peningkatan saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Anak yang menderita diabetes biasanya memiliki tubuh yang gemuk dengan timbunan lemak pada bagian perutnya. Biasanya anak yang menderita diabetes ini tidak memiliki keluhan yang berarti, namun perlu di waspadai jika terlihat memiliki nafsu makan yang berlebihan sehingga berat badan mereka terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Makanan dan olahraga merupakan kunci utama dalam pencegahan dan pengendalian diabetes. Untuk menjaga anak agar tidak terkena diabetes yaitu dengan cara mempertahankan berat badan yang sehat jangan terlalu gemuk dengan melakukan olahraga secara teratur atau tetap aktif secara fisik. Olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh anak terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.

Mengendalikan pola makan merupakan salah satu hal penting dalam mencegah penyakit diabetes pada anak. Berikan makanan yang sehat serta rendah lemak dan gula. Melihat pola makan pada anak yang sangat sulit dikendalikan menjadi peran orang tua, berilah pengetahuan pada anak tentang makanan dan minuman yang sehat dan tidak sehat, sebaiknya kurangi jajanan yang manis – manis seperti gula dan permen, ganti dengan buah – buahan yang segar. Perbanyak minum produk susu rendah lemak dan makanan berserat, kurangi lemak hewani. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan memonitor tekanan darah dan gula secara teratur.

Gejala Diabetes seperti banyak makan, banyak minum, dan banyak buang air kecil kurang disadari para orang tua, yang seringkali terjadi kalau anak banyak makan dan banyak minum, orang tua menganggapnya wajar. Sering kencing juga dianggap wajar karena makan minumnya juga banyak. Itu yang membuat orang tua kecolongan. Setelah anak terkena infeksi, baru diabetesnya kelihatan.

Related Search

Tags: #Inboundid #Informasi #Kesehatan

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Pencegahan dan Pengendalian Diabetes pada Anak"

CommentLuv badge

Must read×

Top