Pengertian, Jenis dan Kegunaan Kabel LAN Komputer

Di Penulis Tamu, Perlengkapan Komputer 136 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Kegunaan Kabel LAN KomputerPengertian, Jenis dan Kegunaan Kabel LAN Komputer – Apakah anda pernah mendengar istilah dari kata LAN ? Jika anda belum mengetahui apa itu LAN beserta kegunaannya, maka artikel kali ini akan mengulasnya secara lengkap. LAN adalah kependekan dari Local Area Network, yang merupakan suatu jaringan dimana perangkat keras dan perangkat lunak bisa saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN ini bisa menjangkau daerah yang sangat terbatas, misalnya hanya mampu menjangkau dalam satu gedung saja.

Pengertian, Jenis dan Kegunaan Kabel LAN Komputer

LAN atau kabel jaringan ini merupakan media transmisi Ethernet yang memiliki fungsi untuk menghubungkan piranti dua jaringan dalam jaringan komputer. Oleh karena LAN memiliki keterbtasan jangkauan, maka kecepatan transmisi data juga menjadi sangat tinggi. Kabel LAN ini juga terkenal dengan sebutan Kabel UTP, dimana kabel UTP ini memiliki bentuk kabel untiran seperti yang ada pada kabel telepon.

LAN sendiri terdiri dari server, client serta gateway. Server dalam LAN adalah satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Nah, tugas dari server disini yaitu berguna sebagai penyedia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat komputer-komputer dalam jaringan tersebut dapat menggunakannya baik secara individual maupun bersama-sama. Client adalah komputer yang menggunakan sistem operasi client seperti windows yang terhubung ke LAN. Sedangkan untuk gateway yaitu sebuah alat yang ada pada jaringan, dimana memiliki fungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain. Lantas, apa saja jenis-jenis dari kabel LAN ? Adapun jenis-jeinis kabel jaringan diantaranya yaitu ; kabel koaksial, kabel UTP, kabel STP, serta kabel fiber optik.

  • Kabel Koaksial

Kabel koaksial merupakan jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor, terbuat dari kabel solid termbaga sebagai inti yang dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghanta berupa kabel serabut dari tembaga sebagai penghantar bagian luar. Kabel ini terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air. Biasanya kabel ini digunakan untuk antena televisi, antena pemancar radio dan kabel jaringan LAN.

  • Kabel UTP

Kabel yang paling umum digunakan karena harganya yang relatif murah dan mudah dipasang ini adalah kabel UTP. Sesuai dengan namanya, UTP berarti kabel pasangan berpilin tanpa pelindung. Nah, fungsi dari lilitan tersebut adalah sebagai eleminasi terhadap induksi serta kebocoran. Kebanyakan kabel yang satu ini digunakan untuk indoor.

Kabel UTP ini merupakan sebuah jenis kabel jaringan dari bahan dasar mentega tembaga, namun tidak dilengkapi dengan shield internal. Nah, UTP ini adalah jenis kabel yang paling umum dan sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN). Sebab, selain harganya yang realtif murah, kabel UTP juga fleksibel dan memiliki kinerja relatif bagus.

  • Kabel STP

Kabel STP merupakan jenis kabel pasangan yang berpilin, memiliki perlindungan dari logam untuk melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik luar. Nah, kabel STP inilah yang merupakan salah satu media transmisi, digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau yang biasa disebut dengan LAN. Kabel STP yang biasanya digunakan untuk outdoor ini  memiliki selubung yang menyelubungi keempat lilitan kabel di dalamnya. Nah, kegunaan dari lilitan dan kulit penyambung tersebut adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran.

  • Kabel Fiber Optik

Jenis kabel LAN selanjutnya adalah kabel fiber optik, dimana kabel yang berbahan dasar dari serat kaca ini memiliki transfer data yang sanga tinggi. Fungsi kabel fiber optik biasanya digunakan pada penyedia layanan internet (ISP) agar terhuung ke backbone NAP. Dapat dikatakan bahwa kabel yang satu ini merupakan media transmisi terkini untuk standard Ethernet dalam kabel LAN.

Bagaimana dengan sistem operasi kabel LAN ? Kabel LAN ini merupakan media transmisi Ethernet yang mampu menghubungkan piranti-2 jaringan dalam jaringan komputer. Kabel LAN ini memiliki manfaat bagus jika anda mengenal lebih baik mengenai kabel LAN sebelum anda membuat sebuah design jaringan. Design kabel jaringan yang bagus, adalah salah satu unsur pendukung yang membua jaringan komputer LAN mudah dipelihara dan bisa diandalkan dengan baik. Nah, dapat dismpulkan bahwa kabel LAN ini sangat bermanfaat sekali dalam realitas jaringan.

Kegunaan Jaringan Kabel LAN

Lantas, apa sajakah kegunaan dari jaringan LAN sendiri ? Berikut 5 kegunaan jaringan LAN yang perlu anda ketahui ;

  • Menghubungkan Dua Lomputer atau lebih

Fungsi dari jaringan LAN yang pertama yaitu bisa anda gunakan sebagai penghbung satu komputer dengan komputer lain. Baik secara langsung ataupun dengan menggunakan Wsitch/HUB melalui media kabel UTP maupun Wireless.

  • Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer yang lain

Untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lain kini bisa dengan menggunakan jaringan LAN. Nah, jadi anda tidak perlu lagi menggunakan flashidsk, hardisk atau hardware lainnya yang bisa digunakan media untuk memindahkan suatu file.

  • Menggunakan Printer Secara Bersamaan

Anda juga bisa menggunakan sharing printer secara bersamaan menggunakan jaringan LAN. Cara sharing printer tidak jauh berbeda dengan sharing folder.

  • Chatting Tanpa Menggunakan Internet (LAN chat)

Fungsi selanjutnya dari LAN yaitu anda bisa chattingan dengan menggunakan jaringan LAN, serta tidak membutuhkan koneksi internet alias offline. Pada jaringan LAN ini, anda akan tetap terlihat online. Nah, untuk bisa menggunakan fitur LAN chat, anda bisa menggunakan aplikasi bawaan windows atau software LAN chat free dan ringan seperti Outlook LAN Messenger, MsgPopup,dan lain sebagainya.

  • Remote Komputer

Jaringan LAN dapat anda gunakan untuk meremote sebuah komputer. Anda bisa meremote komputer dengan fitur Remote Desktop Manager / Connection yang telah disediakan oleh Microsoft.

Demikianlah pengertian dan beberapa fungsi dari kabel LAN yang perlu anda ketahui. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Semoga bermanfaat ya!

Sumber Gambar : https://cdn.pixabay.com/photo/2014/10/19/19/57/network-connector-494651_960_720.jpg

Tags: #Informasi #Teknologi

author
Penulis: 
10 Aplikasi Desain Rumah Pc yang Wajib Anda Coba
10 Aplikasi Desain Rumah Pc yang Wajib Anda Coba
10 Aplikasi Desain Rumah Pc yang Wajib
5 Bahan Editing Video Wajib Dimiliki Youtuber
5 Bahan Editing Video Wajib Dimiliki Youtuber
5 Bahan Editing Video Wajib Dimiliki Youtuber
7 Rekomendasi HP Terbaik, Spek Dewa dan Harga Murah (2020)
7 Rekomendasi HP Terbaik, Spek Dewa dan Harga Murah (2020)
7 Rekomendasi HP Terbaik, Spek Dewa dan
10 Situs Berita Bola Terbaik di Indonesia
10 Situs Berita Bola Terbaik di Indonesia
10 Situs Berita Bola Terbaik di Indonesia

Tinggalkan pesan "Pengertian, Jenis dan Kegunaan Kabel LAN Komputer"

Baca Juga×

Top