var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-5179 single-format-standard kentooz" id="top">

Pengertian Kesadahan Air dan Efeknya

Di Content Placement, Inboundid, Umum 2642 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Pengertian Kesadahan Air dan Efeknya

Pengertian Kesedahan AirRizkyzone.com – Sifat kesadahan air merupakan salah satu sifat kimia yang dapat menyebabkan sabun sulit berbuih di dalam air. Pengertian kesadahan air itu sendiri adalah kandungan mineral ion logam yang terdapat di dalam air. Kandungan ion tersebut biasanya didominasi oleh ion kalsium dan magnesium. Adanya kandungan ion-ion logam tersebut membuat air menjadi sadah. Selain ion tersebut, ion polyvalent metal yang berbentuk garam sulfat, bikarbonat dan klorida yang menyebabkan tingkat kesadahan air meningkat.

Tingginya kadar sabun. Apabila air tidak berbuih atau buihnya hanya sedikit, maka air tersebut merupakan mineral yang terkandung dalam air dapat membuat kesadahan air bertambah. Mineral yang mendominasi kesadahan air tersebut adalah ion kalsium dan magnesium dalam CaCO3 yang dinyatakan dalam satuan berat per volume. Pengertian kesadahan air juga bisa dinilai dengan menggunakan air sadah karena mengandung banyak mineral di dalamnya. Hal ini tentu saja akan membuat pemakaian sabun menjadi lebih boros apabila air yang ada di rumah adalah air sadah.

Walaupun air sadah tidak terlalu berbahaya untuk diminum, namun ada juga banyak efek yang ditimbulkan. Selain membuat pemakaian sabun menjadi lebih boros karena pemakaian air sadah tidak menghasilkan buih atau busa, berikut ini beberapa efek yang ditimbulkan, yaitu :

  • Air sadah dapat membentuk gumpalan apabila terkena sabun.
  • Air sadah dapat membentuk endapan mineral padat.
  • Endapan yang dihasilkan air sadah dan sabun dapat menyumbat saluran air keran.
  • Gumpalan padat dapat menyebabkan saluran pipa terhambat.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian kesadahan air dan juga efek-efek yang ditimbulkan. Kesadahan air bisa dicek menggunakan sabun dan beberapa proses lainnya yang lebih kompleks dan akurat. Secara garis besar, air sadah dibedakan menjadi 2 yaitu air sadah sementara dan tetap. Air sadah sementara bisa dihilangkan lewat cara pemanasan, sedangkan air sadah tetap bisa hilang lewat proses kimia atau penyaringan lewat beberapa cara seperti resin dan zeolit yang biasa dilakukan di bidang industri untuk mencegah kerugian akibat air sadah.

Tags: #Inboundid #Informasi

author
Penulis: 
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria –
5 Kuliner Tradisional Khas Buleleng yang Lezat dan Nikmat
5 Kuliner Tradisional Khas Buleleng yang Lezat dan Nikmat
5 Kuliner Tradisional Khas Buleleng yang Lezat
Gejala-Gejala Anda Mengalami Stress Saat WFH dan Cara Mengatasinya
Gejala-Gejala Anda Mengalami Stress Saat WFH dan Cara Mengatasinya
Gejala-Gejala Anda Mengalami Stress Saat WFH dan Cara
Aplikasi Cashbac yang Multiguna
Aplikasi Cashbac yang Multiguna
Aplikasi Cashbac yang Multiguna – Gaya hidup

Tinggalkan pesan "Pengertian Kesadahan Air dan Efeknya"

Baca Juga×

Top