var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7036 single-format-standard kentooz" id="top">

Pengertian, Manfaat, dan Contoh Portofolio Kerja

Di Umum 370 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Pengertian, Manfaat, dan Contoh Portofolio Kerja – Portofolio pada dasarnya kumpulan dokumen yang berisi suatu koleksi hasil karya atau kerja seseorang. Dengan melihat koleksi tersebut, seseorang dapat menelusuri riwayat perkembangan prestasi maupun hal lain yang telah dicapainya. Makna dan konteks portofolio berbeda tergantung sudut pandang atau perspektifnya, seperti dibidang perusahaan portofolio merupakan kumpulan dokumen yang dimiliki perusahaan dan dipergunakan untuk menilai keberhasilan proses pencapaian tujuan suatu program atau rencana produksi.

Sedangkan pada bidang fotografer portofolio merupakan kumpulan dokumen yang akan dipakai untuk memperlihatkan prospektif pekerjaannya kepada pelanggan dengan menunjukkan koleksi pekerjaan yang dimilikinya. Dan dibidang kesehatan, portofolio merupakan dokumen yang digunakan untuk memantau perkembangan kesehatan seseorang.

Lalu pada bidang pendidikan, portofolio merupakan kumpulan dokumen yang berisi informasi tentang kemampuan dan perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu. Dan pada bidang politik, portofolio merupakan kewajiban dan pilar pemerintahan para menteri kabinet dan juga para pejabat pimpinan departemen yang ada di dalam institusi pemerintah.

Contoh Portofolio Kerja

Tentunya, portofolio sangat penting untuk seseorang yang ingin mencari pekerjaan, karena portofolio adalah salah satu hal yang banyak dilampirkan salam proses lamaran kerja. Berikut adalah beberapa manfaat portofolio untuk para pencari kerja.

  • Portofolio akan menceritakan kepiawaian para jobseeker dalam bekerja

Portofolio yang terus diperbarui akan menampilkan perkembangan karir dari waktu ke waktu. Calon atasan akan mudah menilai perkembangan kinerja, bidang yang digemari, kontribusi dalam sebuah proyek, atau bahkan memperkirakan potensi yang sebelumnya tidak terpikirkan. Kekuatan, keahlian, pendidikan, pengalaman, kegemaran kamu akan terlihat dari portofolio tersebut.

  • Dinilai lebih terpercaya

Portofolio adalah kumpulan dari hasil kerja. Hal yang paling dirasakan jika memiliki portofolio adalah menaikan level kredibilitas. Portofolio bisa menjadi bukti dari semua yang kita ucapkan pada kolega atau calon atasan. Keahlian dan potensi yang ada dalam portofolio akan terangkum dan akan membantu mereka mencari bagian yang tepat untuk diisi oleh keahlian para jobseeker.

  • Sebagai pengingat akan pencapaian

Semua proyek, tugas, atau pekerjaan yang berhasil dikerjakan, serta pencapaian target, penghargaan, atau prestasi lain akan tersimpan dengan baik dalam portofolio. Akan ada kalanya para jobseeker harus memulai kembali pekerjaan lain yang memiliki tingkat kesulitan lebih. Portofolio yang terus diperbarui akan mengingat semua pencapaian terbaik yang pernah dicapai. Hal tersebut akan membantu membangun kepercayaan diri dan motivasi untuk terus melakukan hal-hal paling sulit sekalipun.

  • Membantu calon mitra kerja merasakan bagaimana bekerja dengan para jobseeker

Portofolio yang terus diperbarui tentunya akan menarik orang-orang yang berpotensi, menjadi mitra kerja. Calon mitra kerja yang melihat portofolio para jobseeker dapat merasakan bagaimana seorang yang kreatif dan profesional menyelesaikan berbagai tantangan, kemudian menikmati hasil yang akan diperoleh bersama-sama.

  • Memberi kesempatan untuk memperlihatkan kreativitas para jobseeker

Portofolio yang dinilai indah dan menarik memiliki daya pikat tersendiri. Portofolio sedemikian rupa dengan berbagai informasi yang dalam namun tetap indah dipandang, merupakan sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menunjukan sisi kreatif dan profesional dibidangnya. Para jobseeker juga bisa dengan memadukan banyak media seperti foto, ilustrasi, video, atau podcast. Tidak ada batasan untuk mengekspresikan kreativitas, justru itu yang akan membuat portofolio terlihat berbeda dari pesaing lainnya.

Setelah mengetahui beberapa manfaat portofolio di atas, tentunya kita harus mengetahui bagaimana bentuk dari portofolio tersebut. Berikut adalah beberapa contoh portofolio kerja yang dapat digunakan saat melamar pekerjaan.

Contoh Portofolio 1

(Sumber : https://saintif.com/contoh-portofolio/)

Contoh Portofolio 2

(Sumber : https://homesrwork.wordpress.com/2019/04/23/contoh-portofolio/)

Sumber Gambar : https://2.bp.blogspot.com/-iDef7yESrjU/WhCQNv7QkUI/AAAAAAAAADM/XJ6SIIhiomY8ZJUwBFcwiMmQ8a0gMdeYgCLcBGAs/s1600/portfolio.jpg

Tags: #Informasi

author
Penulis: 
Melakukan Pendaftaran dan Pencairan Prakerja 2021
Melakukan Pendaftaran dan Pencairan Prakerja 2021
Melakukan Pendaftaran dan Pencairan Prakerja 2021 –
Bagaimana Cara Bayar Pajak Perusahaan Online?
Bagaimana Cara Bayar Pajak Perusahaan Online?
Bagaimana Cara Bayar Pajak Perusahaan Online? – Selain

Tinggalkan pesan "Pengertian, Manfaat, dan Contoh Portofolio Kerja"

Baca Juga×

Top