var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-4269 single-format-standard kentooz" id="top">

Pentingkah Lampu LED Bagi Motor Anda?

Di Otomotif 2089 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Pentingkah Lampu LED Bagi Motor Anda ? – Anda mungkin anak touring atau anak motor? Pasti anda mengenali apa itu yang disebut lampu LED. Ya benar, lampu LED adalah lampu yang sering dipakai sebagai aksesoris motor baik itu di rem, di setir, di knalpot, ataupun di velg sekalipun. Namun apakah aksesoris motor dengan memakai lampu LED tersebut penting bagi motor anda? Atau justru penggunaan lampu LED itu dilarang? Untuk mengetahui hal tersebut kita akan membahasnya dalam artikel kali ini.

LED sendiri merupakan singkatan dari Light Emitting Diode atau lebih sering dikenal dengan sebutan lampu indikator. Lampu LED ini cukup bersinar namun tidak dapat menjangkau tempat yang sedikit jauh. Namun karena semakin berkembangnya jaman, lampu LED saat ini juga digunakan sebagai lampu penerangan seperti lampu penerangan jalan, lampu lalu litas, ataupun saat ini juga bisa dipakai sebagai lampu penerangan rumah sebagai ganti dari lampu neon ataupun lampu bohlam.

Tidak hanya itu, sebelum-sebelumnya bahkan hingga sampai saat ini lampu LED telah dipakai sebagai aksesoris, baik itu desain interior rumah, aksesoris mobil, dan juga aksesoris motor, dan pada artikel ini kami akan lebih membahas tentang bagaimana fungsi lampu LED jika digunakan sebagai aksesoris motor tersebut yang kita himpun dari beberapa versi dan beberapa narasumber.

Penggunaan lampu LED atau lampu indikator sebagai aksesoris pada motor sebenarnya fungsinya seperti fungsi-fungsi dari layaknya aksesoris lainnya, yaitu hanya untuk memperindah atau mempercantik motor agar lebih terlihat mewah dan elegan. Penting tidak penting itu sesuai dengan pikiran dan selera anda masing-masing. Mungkin bagi anda yang gemar mendesain motor, penggunaan lampu LED tersebut bisa saja penting karena dapat mempercantik motor anda. Namun kebalikannya jika bagi orang awam yang tidak senang mendesain motor, maka lampu LED tersebut sangat tidak berguna karena sudah menghabiskan uang untuk membeli lampu tersebut namun tidak ada manfaatnya.

Namun apakah penggunaan aksesoris pada motor berupa lampu LED tersebut dilarang? Hal itu tergantung tingkat itensitas lampu LED anda. Karena jika lampu LED anda terlalu terang maka itu anda bisa saja dikenai hukuman karena telah melanggar UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan yang berbunyi “Akan dikenai hukuman denda atau kurungan bagi pengendara yang lampunya tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan”. Lampu LED sebenarnya adalah lampu standart yang bisa dipakai dalam kendaraan bermotor selain dari lampu HID yang umumnya dipakai.

Namun walaupun lampu LED anda sedikit tidak terang, tetapi anda juga bisa dikenai denda karena dinilai akan mengalihkan fokus dari pengendara lainnya dan itu bisa membahayakan pengendara lannya. Walaupun hal itu tidak ada dalam UU Lalu Lintas, namun hal itu kerap dijadikan alasan dari polisi untuk menilang anda.

Maka kesimpulan dari artikel ini yaitu apabila lampu LED tersebut tidak penting bagi anda, maka sebaiknya jangan dipakai karena bisa membahayakan orang lain dan merugikan diri anda sendiri.

Pencarian Terkait

Tags: #Informasi #Kendaraan #Motor

author
Penulis: 
Cara Mencari Biaya Kursus Mobil Terjangkau
Cara Mencari Biaya Kursus Mobil Terjangkau
Cara Mencari Biaya Kursus Mobil Terjangkau – Seperti
Oli Eni Khusus Motor Matic
Oli Eni Khusus Motor Matic
Oli Eni Khusus Motor Matic – Tidak
Baca Juga×

Top