Perusahaan Perkerasan Jalan Tanah di Indonesia

In Advertorial

Perusahaan Perkerasan Jalan Tanah di IndonesiaPerusahaan Perkerasan Jalan Tanah di IndonesiaKualitas jalan yang baik mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dari sisi ekonomi-sosial-budaya karena jalan adalah salah satu media transportasi penting antar daerah. Pembangunan insfrastruktur selalu memperhatikan pula pembangunan jalan-jalan sebagai pembuka wilayah-wilayah yang dahulunya tidak terjangkau kendaraan. Penjagaan jalan hingga jauh dari kerusakan seperti pecah dan berlubang juga perlu diperhatikan.

Bentuk kerusakan jalan bisa sangat beragam mulai dari retak jalan (cracking), berlubang (pothole), jalan bergelombang (corrugation), genangan aspal di permukaan jalan (bleeding) hingga adanya cekungan akibat jejak roda kendaraan (rutting).

Kegagalan dalam proses perkerasan jalan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor berikut :

  1. Air

Kondisi air yang menggenang pada permukaan jalan akibat sistem drainase yang kurang baik bisa memicu daya dukung tanah terhadap konstruksi jalan melemah. Genangan yang jumlahnya melebihi batas optimum tanah, daya rekat antar butiran tanah bisa runtuh. Keadaan ini membuat daya dukung tanah atas beban menjadi sangat kecil bahkan hilang.

Rendahnya daya dukung tanah ditengah kondisi jalan yang terus dilalui kendaraan, kemudian membuat permukaan jalan menjadi pecah bahkan amblas. Perkerasan jalan tanah yang tidak diiringi dengan soil stabilizer atau penstabil tanah mempunyai tingkat rawan amblas yang lebih tinggi.

  1. Bahan Organik

Bahan organik bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada perkerasan jalan tanah. Tumpukan bahan organik seperti dedaunan dan ranting pada jalanan yang jarang dilalui kendaraan bisa memicu kegagalan perkerasan jalan karena terjadi pelapukan jangka panjang. Namun, yang paling sering terjadi di Indonesia adalah kasus munculnya akar pohon yang menjulang ke atas dan memecah jalan keras.

  1. Kurang Cahaya Matahari

Jalan yang sepenuhnya tertutup dan tidak terkena sinar matahari mempunyai potensi kerusakan jalan keras yang lebih besar. Hal ini terjadi karena partikel tanah dan jalan tidak bisa melekat dengan sempurna.

  1. Tekstur dan Struktur Tanah

Tekstur dan struktur tanah menjadi salah satu faktor kunci saat melakukan konstruksi jalan. Tekstur tanah yang keras memudahkan pembuatan jalan. Pada tanah yang lunak maka diperlukan penambahan batu atau sirtu untuk membantu menguatkan struktur tanah. Kesalahan dalam penguatan tekstur ini seringkali membuat jalan akan cepat rusak.

  1. Beban Angkut Berlebihan

Jalan aspal memiliki batasan berat penanggungan, berbeda dengan jalan beton yang mampu menahan berat kendaraan berbagai jenis. Perhitungan beban jalan yang sesuai dengan kekuatan jalan keras adalah hal penting untuk menjaga kualitas jalan jangka panjang.

Saat ini perusahaan perkerasan jalan tanah di Indonesia sudah bisa anda temukan. Perusahaan ini bergerak dalam perkerasan jalan tanah di Indonesia dengan mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Mereka berusaha  menstabilakan tanah hingga dapat meningkatkan performa jalan keras dengan membantu struktur tanah lebih kompak dan kokoh. Biasanya bahan penstabil tanah yang digunakan oleh perusahaan perkerasan jalan tanah di Indonesia adalah ROTEC yang mana bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan tipe tanah (tanah liat, tanah merah, tanah gambut maupun tanah marine clay) di antaranya seperti :

  1. Jalan Kebun

Perkerasan jalan tanah kebun di berbagai perkebunan Indonesia telah dimaksimalkan, di antaranya jalan kebun di area perkebunan kelapa sawit yang membutuhkan struktur tanah yang kokoh untuk menahan beban transportasi pengangkut sawit.

  1. Jalan Tambang

Sesuai untuk perkerasan jalan tanah daerah pertambangan di Indonesia, seperti yang banyak terdapat di daerah Sumatera dan Kalimantan.

  1. 3. Jalan Desa

Jalan desa yang kokoh diperlukan untuk membantu pembangunan dan akselerasi daerah. Peningkatan serta perbaikan jalan dengan cepat serta dengan biaya yang murah.

  1. Jalan Lingkungan

Bahan yang digunakan dibuat dengan teknologi yang teruji serta ramah lingkungan. Bahan ini terbukti dapat digunakan sebagai pengganti conblock maupun pavingblock yang seringnya mempunyai tekstur bergelombang.

Keunggulan perkerasan jalan tanah menggunakan ROTEC diketahui mampu menaikkan daya tahan jalan terhadap tekanan beban, memiliki biaya konstruksi yang lebih murah serta pembangunan yang lebih cepat, warna tanah alami yang dapat dilapisi dengan aspal, serta ramah lingkungan dan tahan air.

Tanah yang menggunakan ROTEC juga mampu mengurangi debu hingga 80%. Berdasar keunggulan ROTEC sebagai bahan campuran pengeras jalan, penggunaan bahan ini akan lebih baik dibandingkan dengan pembuatan jalan dengan cara konvensional maupun dengan menggunakan beton.

Related Search

Tags: #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Perusahaan Perkerasan Jalan Tanah di Indonesia"

CommentLuv badge

Must read×

Top