Waktuku

Temukan Kata Kunci Populer dengan Google Trends

In Blogging, Penulis Tamu 225 views

Temukan Kata Kunci Populer dengan Google TrendsTemukan Kata Kunci Populer dengan Google TrendsRizkyzone.com Sebagai penulis, Anda pasti melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis artikel. Riset diperlukan untuk mendukung keabsahan artikel dan membantu untuk mengembangkan tulisan lebih lanjut. Riset yang biasa dilakukan adalah menentukan topik yang hendak diangkat, mencari referensi, dan penelitian kata kunci.

Pada tulisan ini, kami akan lebih fokus kepada penelitian kata kunci. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kata kunci mana yang memiliki popularitas tinggi sehingga tulisan kita nantinya dapat ditemukan orang lain dengan mudah pada mesin pencarian, seperti Google dan Bing. Penelitian kata kunci juga dapat digunakan untuk memberikan ide topik penulisan baru. Metode konvensional yang orang biasa lakukan adalah menggunakan alat Google Keyword Planner. Alat ini sebenarnya ditujukan bagi pengguna Google AdWords (program periklanan Google) untuk menentukan kata kunci mana yang ingin ditarget, namun Anda sangat dapat memanfaatkan alat tersebut untuk optimisasi konten.

Temukan Kata Kunci Populer dengan Google Trends

Keyword Planner memang merupakan alat yang baik, tetapi terdapat alat lain dari Google yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak ide yang lebih terukur. Alat tersebut adalah Google Trends.

Alat ini memungkinkan Anda menelusuri pencarian populer dalam kurun waktu tertentu. Pada laman ini, Anda akan melihat garis besar pencarian yang populer, seperti penelusuran Google, tokoh terpopuler, dan video YouTube.

Halaman Google Trends

Jika mengeklik bagian kolom “Penelusuran” di bawah “Trending Saat ini”, Anda bisa melihat pencarian populer per hari.

Kolom Penelusuran Google Trends

Dari halaman ini, Anda bisa mendapatkan ide topik baru untuk menulis konten ataupun penentuan kata kunci baru. Karena penelusuran yang ada di sini populer untuk hari ini, jumlah pencarian pun pasti banyak dan kesempatan Anda mendapatkan pengunjung pun akan meningkat.

Lebih dalam lagi, jika ingin mendapatkan ide tentang topik tertentu, Anda dapat mencarinya melalui kotak “Jelajahi topik” pada bagian atas. Misalnya, Anda ingin mencari kata kunci populer tentang game online, Anda dapat memasukkan kata “game online”.

Kolom Jelajahi Google Trends

Setelah itu, pastikan mengeklik tulisan “Worldwide” dan mengubahnya menjadi “Indonesia” karena Anda ingin menulis konten dengan target pembaca orang Indonesia, atau Anda dapat membiarkannya pada “Worldwide” jika ingin menyasar seluruh dunia. Pilih juga rentang bulan untuk mendapatkan relevansi pencarian yang sesuai, tetapi direkomendasikan hanya memilih 12 bulan terakhir.

Kolom Kueri Terkait di Google Trends

Gulirkan layar ke bawah dan lihat kolom “Kueri terkait” untuk mengetahui kata kunci terkait berdasarkan pencarian yang Anda lakukan. Di sini, Anda bisa melihat tulisan “Naik tajam” yang menandakan bahwa pencarian atas kata kunci tersebut mengalami peningkatan pencarian yang drastis selama periode yang Anda pilih. Popularitas atas kata kunci tersebut sedang naik daun dan Anda bisa menentukan strategi penulisan konten berdasarkan hasil yang ada. Contohnya, pada bagian “Kueri terkait”, terdapat kata kunci “game online 2017” dan “kpai blokir game online” yang sedang naik tajam. Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut untuk menulis artikel dengan judul seperti “5 Game Online 2017 Terpopuler” atau “Nasib Developer Game setelah KPAI Blokir Game Online.” Kemudian Anda bisa memasukkan konten yang relevan dan menambahkan kata kunci pendukung.

Anda dapat mengeklik pilihan “Meningkat” pada “Kueri terkait” dan menggantinya menjadi “Teratas” untuk mengetahui kata kunci mana yang memiliki pencarian paling tinggi dalam periode yang ditentukan. Kata kunci yang ada di sini pun dapat Anda gunakan untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan atau menentukan topik artikel baru.

Kueri Terkait Google Trends

Lebih lanjut, pada bagian “Minat menurut subwilayah”, Anda akan menemukan daerah paling populer berdasarkan penelusuran kata kunci yang Anda masukkan. Klik bagian “Subwilayah” pada kolom ini dan ganti menjadi “Kota” untuk melihat berdasarkan kota.

Halaman Penelusuran Minat berdasarkan Kota di Google Trends

Seperti kita lihat bahwa Madiun merupakan kota yang paling populer untuk pencarian “game online”. Dari data ini, Anda bisa mengembangkan topik baru, misalnya Anda dapat menulis artikel tentang tempat main game online gratis untuk warga Madiun. Topik tersebut sangat spesifik dan dapat menjangkau pengunjung dari kota tertentu.

Itulah gambaran umum cara menggunakan Google Trends untuk menemukan kata kunci populer dan mendapatkan ide penulisan konten yang akan banyak dicari. Tentu masih banyak teknik-teknik lain yang lebih mendalam, tetapi untuk saat ini, Anda sudah bisa menghasilkan konten berkualitas dengan target tertentu.

Teknik menggunakan Google Trends pun masih dapat digali lebih dalam lagi untuk membantu Anda menemukan ide baru. Dan yang terutama, Anda harus kreatif dalam menulis konten agar pembaca merasa senang dan terus kembali untuk membaca artikel baru Anda. Selamat melakukan riset dan menghasilkan banyak konten berkualitas.

Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya kepada tim Rizkyzone.com. Salam!
Jan Oky

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #artikel #Blogging #google trends #Informasi #Jan Oky #kata kunci #riset

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate – Rizkyzone.com
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan  – Rizkyzone.com

Leave a reply "Temukan Kata Kunci Populer dengan Google Trends"

CommentLuv badge
Must read×

Top