var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-6883 single-format-standard kentooz" id="top">

Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri

Di Kesehatan, Vira ID 59 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Cara Membuat DesinfektanTernyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri – Saat ini berbagai belahan dunia sedang dilanda wabah penyakit Covid-19 yang disebabkan karena virus corona. Semua negara termasuk juga Indonesia harus berperang untuk melawan menghadapi pandemi Covid-19 ini. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 agar tidak semakin menular. Salah satunya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh dan juga menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Menggunakan desinfektan adalah cara yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimana cara membuat desinfektan sendiri? apakah bisa?

Cara Membuat Disinfektan Sendiri Di Rumah

Maraknya penyebaran Covid-19 membuat saat ini banyak digunakan desinfektan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Sebenarnya apa itu disinfektan? disinfektan adalah cairan pembersih yang biasanya terbuat dari hidrogen peroksida, alkohol, dan juga creosote yang bertujuan guna membunuh semua virus, bakteri, kuman dan juga mikroorganisme berbahaya yang ada di ruangan atau pada permukaan benda mati.

Disinfektan biasanya disemprotkan di berbagai benda-benda yang berpotensi paling banyak disentuh oleh banyak orang seperti meja, kursi, gagang pintu, kran wastafel, lemari dan benda lainnya. Disinfektan ini biasanya juga mengandung konsentrasi biosida tinggi. Oleh sebab itu disinfektan lebih efektif untuk membunuh berbagai mikroorganisme dan juga membunuh berbagai bakteri di permukaan benda mati apapun. Bagaimana cara membuat desinfektan sendiri? silahkan anda simak ulasan saya dibawah ini.

Cara Membuat Disinfektan Ala Rumahan

Cara membuat desinfektan sendiri di rumah pertama anda harus membeli dulu bahan desinfektan utama. Sangat dianjurkan menggunakan cairan pembersih karbol dengan kandungan benzalkonium klorida, atau jika tidak ada anda bisa menggunakan cairan pemutih pakaian dengan kandungan natrium hipoklorit. Kedua cara ini terbukti ampuh untuk membunuh semua jenis bakteri dan juga mikroorganisme. Yang perlu anda pahami adalah cairan pemutih pakaian ini bersifat kaustik yang berarti bisa menyebabkan iritasi dan juga kerusakan pada kulit manusia. Jadi anda harus ekstra hati-hati dalam membuat disinfektan ini.

Alat Yang Dibutuhkan :

  • Botol kaca dengan tutup
  • Botol semprot plastik
  • Lap flanel atau kain lembab
  • Gelas ukur
  • Sarung tangan sekali pakai
  • Masker Bedah

Bahan yang Diperlukan :

  • Air bersih
  • 2 Sendok makan cairan pemutih atau cairan karbol untuk 1 liter air

Langkah Membuat Cairan Desinfektan

  • Pertama tuangkan cairan pemutih pakaian atau cairan karbol ke dalam botol kaca terlebih dulu. Anda harus berhati-hati jangan sampai terkena kulit ya. Kemudian anda tambahkan air bersih dan selanjutnya anda aduk sampai benar-benar tercampur merata.
  • Jika sudah berikutnya anda tutup botol kaca secara rapat, kemudian anda kocok perlahan supaya cairan pemutih pakaian bisa tercampur dengan sempurna bersama air
  • Jika larutan cairan karbol atau cairan pemutih pakaian sudah tercampur dengan sempurna. Anda dapat membagi larutan cairan tersebut ke botol yang lebih kecil supaya bisa lebih mudah untuk digunakan.
  • Selesai, cairan desinfektan sudah siap untuk digunakan. Anda sekarang sudah bisa membersihkan semua permukaan benda mati yang sering disentuh oleh banyak orang. Pertama anda bersihkan dulu dengan air sabun atau air panas terlebih dulu sebelum disemprot dengan cairan desinfektan.

Nah itulah bagaimana cara membuat desinfektan sendiri di rumah. Dengan menggunakan desinfektan sendiri tentu saja anda sudah berkontribusi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Tags: #Informasi #tips #Vira ID

author
Penulis: 
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria –
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
4 Manfaat Parfum Molto untuk Pakaian
4 Manfaat Parfum Molto untuk Pakaian
4 Manfaat Parfum Molto untuk Pakaian –

Tinggalkan pesan "Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri"

Baca Juga×

Top