Tips Cermat Menabung dengan Cara Sederhana

In Inspirasi, Kompetisi

Tips Cermat Menabung dengan Cara Sederhana – Setiap orang diseluruh dunia ini pasti menginginkan bisa menabung, Namun memang terkadang untuk bisa menabung kita membutuhkan kesabaran super. Apakah anda ingin bisa menabung untuk masa depan anda, menabung untuk pendidikan anak-anak anda,dll. Berikut dibawah ini merupakan beberapa Tips dari saya yang mungkin bisa membantu anda dalam mengembangkan tekad untuk menabung :

  1. Anda jangan melakukan apapun selama sebulan atau lebih! Cara ini adalah cara paling dasar atau termudah, untuk mengawali rencana menabung anda, maka berhentilah untuk membelanjakan uang di dompet anda, kalaupun ingin membeli sesuatu usahakan membeli  sesuai kebutuhan.
  2. Mendaftarkan diri pada asuransi, ada banyak sekali jenis – jenis asuransi di indonesia, pilihlah asuransi yang menurut anda cocok.
  3. Membuat rekening Tabungan sendiri. Jika anda belum mempunyai rekening tabungan sendiri maka segeralah anda pergi ke bank terdekat untuk membuka rekening tabungan anda sendiri. ada beberapa bank yang memberikan syarat mudah dalam membuka rekening tabungan, ada yang biayanya murah juga ada yang mahal, mahal murahnya biaya membuka rekening tabungan di bank, itu relatif. Usahakan sesuai dengan penghasilan yang anda dapatkan, kalau saya pribadi memilih membuka rekening tabungan yang dengan biaya murah, cukup dengan biaya 50.000 sudah bisa mempunyai rekening tabungan sendiri, kalau rekening tabungan sudah jadi tabunglah beberapa ratus ribu rupiah pada rekening tabungan baru anda.
  4. Jual lah barang-barang yang sekiranya sudah tidak terpakai secara online dan setelah barang laku terjual jangan ambil uang dari hasil penjualan barang – barang anda, kalau tidak benar – benar sangat membutuhkan uang, biarkan tetap berada di rekening tabungan anda.
  5. Menabung dengan cara tradisional juga tak ada salahnya untuk anda coba, meski menurut sebagian orang kurang efektif.
  6. Gunakan beberapa tawaran diskon yang biasa ditawarkan pada toko langganan anda, baik online maupun offline. Perlu anda ingat, anda sama sekali tidak akan bisa berhemat jika anda membeli barang dengan harga penuh.
  7. Gunakan transportasi umum untuk bepergian, misalnya untuk bekerja atau ketika menjalankan tugas rutin harian lainnya, dengan faktor mahalnya tarif atau harga BBM, khususnya pada daerah perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya, angkutan umum seperti bus atau kereta api dapat dengan cepat menghemat waktu dan juga biaya perjalanan. Anda juga dapat lebih santai. Jangan lupa membawa buku untuk menemani waktu anda di angkutan umum.
  8. Berjalan kakilah atau anda juga bisa bersepeda untuk pergi ke tempat yang biasa anda kunjungi. Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari olahraga, selain itu anda juga ikut serta dalam menyelamatkan lingkungan, dan anda juga dapat menghemat beberapa rupiah.

Beberapa tips diatas sudah saya coba dan berhasil meningkatkan kualitas saya dalam menabung, khususnya tips pada point 3 dan 5.

Pada point 3 diatas yaitu membuat rekening Tabungan sendiri, untuk hal ini saya membuat 2 rekening di bank yang sama, satu untuk saya dan satunya lagi untuk istri saya. kenapa harus membuat dua rekening ? padahal kan satu rekening saja kan sudah cukup.  Alasan saya sih sederhana saja, biar gak campuraduk.

Rekening Tabungan Istri untuk menabung atau untuk menyimpan sebagian dari penghasilan yang dihasilkan oleh istri saya yang bekerja sebagai Staf TU di sebuah sekolah dasar swasta dan juga penghasilan saya dari bekerja serabutan (baca:kuli bangunan).

Rekening Tabungan Saya untuk menyimpan penghasilan yang saya dapat dari aktifitas online blogging / aktifitas online non blogging.

Intinya rekening tabungan istri untuk menyimpan penghasilan dari Offline, rekening tabungan saya untuk menyimpan penghasilan dari Online.

Selain membuka rekening di bank untuk menabung, Saya juga menabung secara tradisional menggunakan celengan, menabung secara tradisional ala saya ini dengan cara menyisihkan uang sebesar 2000 setiap harinya, dengan sistem hutang, maksudnya kalau pas kehabisan uang, gak ngisi tabungan terlebih dahulu, nah saat gajian baru deh di bayar, tinggal ngalikan berapa hari kosongnya, misalnya tanggal 15 sampai tanggal 30 kehabisan uang dan gak bisa nabung setiap harinya sebesar 2000, setelah gajian, gaji di potong sebesar jumlah hari, misalnya 2000 x 15 hari sebesar 30000, gaji sebesar 500.000 – 30.000 sisa 470.0000, berlaku kelipatannya. Selain menyisihkan uang sebesar 2000 setiap harinya, juga setiap dapat uang receh 500an juga di tabung dengan tempat yang berbeda, gak jadi satu dengan uang yang 2000an.

Jika anda membutuhkan tips -tips mengenai keuangan paling komplit, monggo langsung saja kunjungi website Cermati.com anda akan menjadi lebih cermat dan pintar dalam mengelola keuangan setelah  membaca artikel Cermati.com.

Demikian tips singkat dari saya mengenai Tips Cermat Menabung dengan Cara Sederhana, semoga dapat bermanfaat serta dapat menjadi inspirasi teman – teman semua.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati

Tips Cermat Menabung dengan Cara Sederhana

Related Search

Tags: #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –
  1. author

    adi ardiyan1 year ago

    kalau ane sih cuma menabung di bank gan

    Reply
  2. author

    liburanku1 year ago

    biar sedikit asal rutin lama-lama juga banyak ya min…. tp ya itu godaan buat belanja n jalan-jalan kuat bgt.. heee

    Reply

Leave a reply "Tips Cermat Menabung dengan Cara Sederhana"

CommentLuv badge

Must read×

Top