Tips dan Trik Menghemat Listrik di Rumah

In Content Placement, Umum

Tips dan Trik Menghemat Listrik Di RumahTips dan Trik Menghemat Listrik Di Rumah – Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kekuatan listrik, tanpa disadari, biaya listrik rumah tangga Anda meningkat pula. Sebuah survey menunjukkan bahwa setiap tahunnya, biaya listrik rumah tangga meningkat minimum 5%. Kenaikan tersebut terjadi karena penggunaan listrik masyarakat yang terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan. Tentu saja hal seperti ini tidak mengejutkan, berapa kali dalam sehari kita lupa untuk mematikan laptop, televisi, lampu kamar, atau pompa? Hal seperti ini menyebabkan terjadi keborosan listrik di rumah Anda. Solusi apa yang efektif untuk menghemat penggunaan listrik di rumah? Mari simak beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi tagihan listrik Anda:

Gunakan Sinar Matahari

Sinar MatahariHal pertama yang harus Anda perhatikan, pada pagi dan siang hari, bukalah jendela dan gorden rumah Anda. Dengan melakukan hal ini maka Anda akan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Untuk menghemat listrik lampu ruangan-ruangan di rumah Anda, pastikan setiap pagi hingga pukul 11 siang, Anda menggunakan sinar matahari sebagai alternatif dari sinar lampu. Selain itu, tentukan ruangan di rumah Anda yang memiliki jendela sinar matahari terbanyak untuk dijadikan sebagai ruangan untuk beraktivitas. Di ruangan tersebut, Anda dapat melakukan pekerjaan kantor atau rumah, anak-anak dapat bermain dan belajar tanpa menggunakan banyak sinar lampu. Selain untuk menghemat biaya listrik, sinar matahari sangat bagus untuk pertumbuhan anak kecil dan metabolisme orang dewasa. Anda dapat pula mengatur ulang perabotan rumah Anda untuk mempermudah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan Anda.

Gunakan Bohlam Lampu LED

Gunakan Bohlam Lampu LEDSalah satu cara lainnya untuk menghemat listrik dari sinar bohlam lampu adalah untuk menukarkan lampu pijar yang Anda gunakan dan ganti dengan lampu LED. Lampu pijar merupakan tipe lampu yang paling boros dan hanya bertahan hingga 1250 jam, sedangkan lampu LED dapat bertahan hingga 30 tahun dan hemat energi pula. Lampu LED hanya membutuhkan 4 hingga 4 Watt untuk penggunaannya, dan lampu LED tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk kesehatan Anda seperti merkuri. Tetapi dari segi harga, lampu LED memang lebih mahal dibandingkan lampu pijar, tetapi sekali membeli lampu Anda dapat bertahan untuk 30 tahun sedangkan pijar hanya 1250 jam. Anda dapat menghemat hingga 1 juta rupiah setiap tahunnya hanya dengan mengubah bohlam lampu yang Anda gunakan. Selain itu, gunakan pula motion censor yang merupakan alat untuk lampu Anda yang akan otomatis mematikan dan menyalakan lampu berdasarkan pergerakan Anda di ruangan Anda. Dengan menggunakan alat ini, Anda tidak perlu khawatir apabila anak Anda lupa untuk mematikan lampu di sebuah ruangan.

Jangan Lupa untuk Mencabut Steker

Mencabut StekerApakah Anda mengetahui bahwa Apabila Anda lupa untuk mencabut steker setelah menggunakan sebuah peralatan elektronik (laptop, rice cooker, printer, pengering rambut), aliran listrik akan terus menyala selama berjam-jam walaupun peralatan elektronik tersebut sudah dimatikan. Setelah menggunakan laptop, matikan dengan benar kemudian cabutlah steker chargernya karena laptop merupakan salah satu peralatan elektronik yang menggunakan listrik terbesar. Untuk alat elektronik lainnya yang harus terus menyala selama 24 jam seperti kulkas, lebih Anda segera menggantinya dengan tipe yang sudah hemat energi.Sebagian besar peralatan elektronik rumah tangga sudah memiliki versi barunya yang sudah hemat energi tetapi tetap berjalan dengan baik dan kuat. Sedangkan untuk peralatan rumah tangga yang sering digunakan seperti rice cooker atau microwave, jangan pernah lupa untuk mencabut stekernya apabila sudah digunakan atau aliran listrik akan terus diserap.

Periksa Instalasi Listrik Anda

Periksa Instalasi ListrikUntuk selalu menjaga kualitas listrik Anda, minimum sekali dalam setahun gunakan penyedia jasa kelistrikan untuk mengecek dan mengatur instalasi listrik Anda. Penyedia jasa akan memeriksa kabel dan steker Anda untuk memastikan tidak ada yang beresiko korslet, terutama bagi rumah yang memiliki banyak peralatan elektronik dengan kabel yang berantakan dan berbahaya untuk anak-anak. Kabel yang berantakan dan sekring listrik yang sudah tua memiliki potensi yang lebih tinggi untuk korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran. Dengan memastikan arus listrik Anda berjalan dengan baik oleh penyedia jasa profesional, Anda dapat menghemat hingga 1 juta rupiah setiap tahun.

Rumah Anda dapat beresiko terkena kebakaran atau korsleting hanya karena beberapa kesalahan teledor. Sebagian besar permasalahan kelistrikan di rumah Anda dapat ditangani oleh jasa kelistrikan di Sejasa.com. Dengan menggunakan penyedia jasa kelistrikan, keamanan Anda dan keluarga akan semakin terjamin. Selain itu, peralatan elektronik di rumah  Anda akan lebih awet dalam pemakaiannya.

Related Search

Tags: #Informasi #rumah #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Tips dan Trik Menghemat Listrik di Rumah"

CommentLuv badge

Must read×

Top