Waktuku

Tips dan Trik Menulis Cerita Inspiratif

In Advertorial, Inboundid, Inspirasi 325 views

Tips dan Trik Menulis Cerita InspiratifTips dan Trik Menulis Cerita InspiratifRizkyzone.com Berkumpul bersama para sahabat lama tentu menyenangkan. Berbagi kisah, mengenang masa-masa bersama, dan membuat catatan kecil di buku diari masing-masing adalah kenangan manis saat masih berada di bangku sekolah. Yah, semua orang pasti memiliki cerita inspiratif yang menyenangkan. Tidak terkecuali para wanita.

Wanita ternyata memiliki hobi yang bisa meningkatkan gairah dan kreatifitas. Hobi tersebut adalah menulis. Hobi menulis bisa menjadi sarana sekaligus terapi imajinatif dalam menuangkan ide dan gagasan dari pikiran, perasaan dan pengalaman berharga dalam tulisan. Menulis cerita inspiratif untuk sahabat adalah rindu yang bisa Anda sampaikan. Namun untuk bisa membuat tulisan mudah dibaca dan dipahami, Anda harus tahu trik menulis yang menyenangkan. Berikut..

Tips dan Trik Menulis Cerita Inspiratif

1. Tema

Sebelum mulai menulis banyak hal, Anda bisa menentukan tema apa yang pas untuk dipahami. Tema cerita bisa dibilang maksud dari tulisan. Artinya, cerita yang akan Anda tulis harus mampu menyajikan rangkaian kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Bila pembaca mampu memahami maksud dari cerita Anda, itu tandanya penulis telah berhasil memaparkan tema cerita.

2. Rumus 5 W 1 H

Dalam memaparkan cerita dalam bentuk tulisan, kurang afdol rasanya bila kita tidak memahami bagaimana memasukkan unsur 5 W ditambah 1 H. Rumus ini adalah cara paling mudah untuk menulis karangan, berita atau cerita. Maksud dari rumus praktis 5 W + 1 H tersebut adalah What (apa) yakni penulis mampu menyajikan keadaan cerita yang sedang terjadi, Why (mengapa) yaitu alasan atau latar belakang cerita. Kemudian When (kapan) memberikan gambaran kapan cerita inspiratif Anda sedang terjadi.

Ada juga Where (dimana) yang mengisahkan dimana peristiwa cerita yang Anda tulis tersebut terjadi, Who (siapa) yaitu siapa saja yang terlibat dalam cerita yang Anda tulis. Terakhir, jangan lupakan How (bagaiamana) jalan cerita Anda akan terjadi.

3. Menulis adalah Bicara

Bila Anda akan menuliskan cerita seru bersama sahabat lama, tidak salahnya Anda menulis sambil bertutur. Buat tulisan semenarik mungkin, dan jangan lupakan kesan-kesan yang pernah Anda alami. Tulislah apa saja yang akan Anda tulis. Karena ini cerita Anda, maka Anda tidak perlu khawatir dengan ejaan, atau kalimat yang susah dimengerti. Buat gagasan cerita sesimpel mungkin, pilih juga kata-kata yang tepat sasaran

4. Kombinasi Hati dengan Pikiran

Menulis cerita adalah dua kombinasi antara hati dan juga pikiran. Anda bisa mengolah cerita yang berasal dari perasaan Anda, dan menuangkannya dengan sempurna menurut pikiran yang Anda buat. Buatlah kamimat yang renyah dibaca, tidak berbelit-belit. Oleh karena itu, Anda perlu memeras otak agar kalimat mudah dicerna oleh pembaca sehingga mereka pun ikut berfikir setelah membaca.

5. Menulislah dengan Jujur

Menulis adalah kejujuran. Yah, dalam menulis sebuah cerita pribadi, usahakan bercerita dengan keadaan yang telah Anda alami bersama para sahabat di masa lalu. Tidak salahnya Anda harus terbuka dalam menulis cerita, justru itu akan membuat pikiran Anda lebih kreatif, lega dan jernih. Anda bisa memberikan visualisasi kisah hidup melalui tulisan sehingga pembaja menjadi lebih menikmati apa yang sedang mereka baca.

6. Judul yang Bikin Penasaran

Bila Anda masih bingung dengan dengan judul cerita, Anda bisa menuliskannya setelah cerita inspiratif Anda selesai dibuat. Anda tidak perlu ragu, karena itu adalah cerita Anda, maka judul juga berdasarkan cerita Anda. Jadi buatlah judul yang mudah membuat pembaca menjadi penasaran.

Itulah 6 kiat mudah dan simple menulis cerita inspiratif. Agar lebih asyik saat menulis, Anda pun bisa menulis sambil menikmati secangkir teh Sariwangi yang nikmatnya mampu membuat pikiran menjadi lebih nyaman dan tenang.

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #Inboundid #Informasi #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama
Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama
Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate – Rizkyzone.com
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan  – Rizkyzone.com

Leave a reply "Tips dan Trik Menulis Cerita Inspiratif"

CommentLuv badge
Must read×

Top