var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7013 single-format-standard kentooz" id="top">

Tradisi Imlek dengan Segala Keunikannya

Di Umum 152 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Tradisi Imlek dengan Segala KeunikannyaTradisi Imlek dengan Segala Keunikannya Salah satu budaya Tionghoa paling ditunggu-ditunggu adalah Imlek. Banyak sekali tradisi imlek yang unik dan seru. Tahun baru China akan lebih lengkap lagi jika dirayakan bersama keluarga, mereka biasanya akan menghabiskan waktu dengan bercengkrama hangat dan makan bersama.

Berbagai Macam Kegiatan dalam Tradisi Imlek

Jika biasanya tahun baru diawali mulai dari 1 Januari, lain halnya dengan orang Tionghoa. Mereka punya berbagai macam tradisi unik dan menarik. Mulai dari makanan khas, acara meriah, kembang api, dan deretan aktivitas semarak lainnya. Mereka merayakannya dengan penuh sukacita.

  1. Berkumpul dan Makan Bersama Keluarga Besar

Sama halnya dengan momen kebersamaan di hari-hari besar umat islam atau kristiani, warga Tionghoa juga menjadikan imlek sebagai momen berkumpulnya kembali seluruh keluarga besar. Duduk dan makan bersama dengan perbincangan yang hangat sembari menanyakan kabar satu sama lain.

Sembari makan biasanya mereka akan mengadakan acara hiburan seperti games, atau tukar hadiah satu sama lain. Makanan yang disajikan juga memiliki maknanya masing-masing. Misalkan dumpling untuk menambah rezeki, ikan si pembawa keberuntungan, mie untuk mendapatkan umur panjang.

  1. Semuanya Serba Warna Merah

Salah satu warna favorit warga Tionghoa adalah merah. Warna ini juga yang identic ketika sedang perayaan imlek. Mereka menghias apapun yang ada di rumahnya dengan serba-serbi merah. Baik perlengkapan, membeli pakaian, dekorasi, dan semacamnya. Cerah dan penuh semangat sekali.

Warna merah oleh warga Tionghoa dipercaya sebagai simbol keberuntungan, serta dalam mitologi China juga Nian atau pengganggu sangat membenci dua hal,  kebisingan dan warna merah. Untuk itu mereka menggunakannya untuk mengusir mereka dan para roh jahat yang ada di sekitar rumah.

  1. Kembang Api atau Petasan Sepanjang Malam

Tak jauh beda dengan perayaan tahun baru biasa dan idul fitri. Imlek juga biasanya disambut dengan penuh sukacita oleh para masyarakat Tionghoa. Mereka menyalakan kembang api dan petasan sepanjang malam sampai pagi menjelang. Biasanya juga ada acara khusus di pusat kota.

Namun karena kondisi sedang tidak memungkinkan alias covid, maka acara tersebut ditiadakan. Biasanya selain petasan dan kembang api ada juga icon identic dari Tionghoa yakni barongsai. Bersama-sama mereka akan meramaikan tahun baru China tersebut dengan penuh keramaian.

  1. Uang Angpao

Nah kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda sekalian. Mempersiapkan uang angpau dan nantinya akan dibagikan ke ponakan, atau orang lain menjadi tradisi turun temurun masyarakat Tionghoa. Bagi mereka inilah moment berbagai dan mensyukuri rejeki yang diberikan.

Biasanya kalau di negara aslinya, angpau juga diberikan kepada para pekerja di rumah yang sudah membantu mereka merawat orang tua dan menjaga kondisi rumah dengan baik.Tak tanggung-tanggung biasanya isi satu angpau bisa setengah dari gaji bulanan mereka selama satu bulan.

  1. Berdoa di Klenteng

Salah satu rutinitas etnis Tionghoa setiap imlek adalah berdoa di Klenteng, mereka akan pergi sembahyang sebelum mengunjungi sanak kerabat. Bisa juga saat hari ketiga sambil berdoa meminta berkah kepada para dewa supaya mendapatkan kehidupan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Itulah beberapa tradisi imlek yang dilakukan oleh warga etnis Tionghoa. Sampai sekarang mereka masih melakukannya, karena selain sudah tradisi juga bisa mempererat tali persaudaraan diantara keluarga besar. Dengan begitu keluarga akan tetap utuh dan tahu kondisi satu sama lainnya.

Sumber Gambar : https://www.decodeko.co.id/wp-content/uploads/makna-imlek.jpg

Tags: #Informasi

author
Penulis: 
Melakukan Pendaftaran dan Pencairan Prakerja 2021
Melakukan Pendaftaran dan Pencairan Prakerja 2021
Melakukan Pendaftaran dan Pencairan Prakerja 2021 –
Bagaimana Cara Bayar Pajak Perusahaan Online?
Bagaimana Cara Bayar Pajak Perusahaan Online?
Bagaimana Cara Bayar Pajak Perusahaan Online? – Selain

Tinggalkan pesan "Tradisi Imlek dengan Segala Keunikannya"

Baca Juga×

Top