Menggunakan VPS Sebagai Solusi Web Hosting Bermasalah

In Penulis Tamu

Menggunakan VPS Sebagai Solusi Web Hosting Bermasalah – Sering mendapat masalah saat menggunakan layanan web hosting? Mungkin itu adalah sebuah pertanda bagi anda untuk segera beralih ke layanan VPS (Virtual Private Server).

Beberapa hari yang lalu, sahabat saya mbak ririn (pemilik cara-ririn.com) membuat sebuah postย keluh kesah tentang banyaknya masalah yang ia hadapi saat menggunakan jasa web hosting yang ia gunakan. Ia pun menuturkan bahwa untuk mengatasi-masalah-masalah tersebut, ia harus menghubungi penyedia web hosting melalui YM. Beruntung jika seketika itu pihak web hosting sedang dalam keadaan online dan segera memperbaiki masalahnya, bagaimana jika tidak?

Beberapa bulan sebelum mbak ririn menuliskan keluh kesahnya, saya juga membaca keluh kesah yang hampir sama yang ditulis oleh mas syamsul alam (owner Syamsulalam.net) di akun facebook miliknya. Jika mbak ririn menggunakan jasa web hosting Indonesia, mas syamsul alam bahkan menggunakan jasa web hosting luar negeri yang sudah sangat terkenal dan reputasinya selama ini tergolong baik. Jika dengan jasa web hosting terkenal saja sudah ada masalah, bagaimana dengan jasa web hosting abal-abal?

Beberapa teman-teman mas alam waktu itu menyarankan untuk melakukan migrasi dari jasa web hosting ke VPS dan ternyata mas alam langsung melakukan migrasi ke salah satu ISP VPS yang mempunyai lokasi server di Singapore. Pemilihan lokasi Singapore tentu bukan tanpa alasan, lokasi Singapore selalu menjadi primadona pengguna VPS tanah air, karena lokasinya yang tidak jauh dari Indonesia. Setelah melakukan migrasi, saya lihat website mas alam sampai saat ini tidak pernah down kembali.

Berbeda dengan mas alam, ternyata sampai saat ini mbak ririn belum melakukan migrasi ke VPS. Hal ini mungkin dikarenakan sebelumnya mbak ririn sudah melakukan perpanjangan sewa web hosting sampai dengan tahun 2018. Mbak ririn juga menyayangkan jika uang yang digunakan untuk menyewa web hosting (sekitar Rp. 5.000.000) tersebut dibuang begitu saja.

Lalu, Kapan Seseorang Membutuhkan VPS?

Sebelum membahas itu, mari kita sedikit berkenalan dengan VPS. VPS atau Virtual Private Server adalah system yang berjalan dibawah virtualisasi. Teknologi virtualisasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah KVM dan OpenVZ. VPS yang berjalan dibawah virtualisasi disebut guest dan yang menjalankan VPS disebut host. Guest bagi pemakainya akan terasa seperti mempunyai server fisik sendiri, bisa pilih sistem operasi dan memiliki akun root tersendiri (sumber : sshgratis.com).

Oleh karena bisa memilih sistem operasi sendiri, beberapa jenis virtualisasi seperti KVM dan XEN bisa melakukan instalasi sistem operasi yang berbeda (windows dan linux), sedangkan jenis virtualisasi lainnya hanya dapat melakukan instalasi linux dengan distro yang berbeda-beda (OpenVZ).

Dari pemaparan diatas, anda pasti mulai berpikir bahwa dengan control yang penuh terhadap virtual server yang anda miliki, anda akan dapat dengan leluasa melakukan apa saja dan menginstall aplikasi apasaja di VPS anda. Tidak salah memang, namun anda juga harus tetap memperhatikan T.O.S layanan dari penyedia VPS tersebut.

Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir, karena biasanya yang dilarang oleh penyedia VPS adalah penggunaan untuk aktifitas illegal seperti DDoS attack, porn, torrent dan sejenisnya. Adapun untuk kegiatan yang bersifat legal, anda tidak diberikan batasan untuk berbuat apa saja dengan VPS yang anda sewa. Terdengar menarik bukan?

Ya, disanalah salah satu kelebihan VPS jika dibandingkan dengan web hosting atau shared hosting. Dengan keleluasaan yang diberikan, tentu anda dapat memilah dan memilih aplikasi apa saja yang ingin anda install dan tentu saja anda akan mendapat control penuh terhadap aplikasi tersebut, sehingga jika terjadi error dikemudian hari, anda bisa mengatasinya sendiri tanpa harus chat sana-sini dan kirim email kesana-kemari.

Selain itu, dengan keleluasaan yang diberikan, anda bukan saja bisa menjadikan VPS anda sebagai hosting untuk situs-situs yang anda miliki, tapi juga dapat anda gunakan untuk fungsi yang lebih kompleks, seperti membuat proxy, membuat VPN, encoding video, membuat mail server sendiri dan lain sebagainya.

VPS sendiri terbagi kedalam VPS managed dan VPS unmanaged. VPS managed artinya anda membeli VPS siap pakai. Anda tidak perlu repot install ini dan itu lagi, sehingga lebih praktis dan mudah untuk digunakan.

Sedangkan VPS Unmanaged artinya VPS tersebut masih kosongan, anda harus install dan konfigurasi sendiri macam-macam aplikasi yang anda butuhkan. Itu artinya, anda harus mau sedikit direpotkan jika memilih menggunakan VPS unmanaged. Meskipun begitu, tentu saja VPS unmanaged dapat anda sewa dengan harga lebih murah dari VPS managed, sehingga hal ini akan lebih menghemat keuangan anda.

Bagi anda yang ingin memakai VPS unmanaged, anda tidak perlu takut tidak bisa menggunakan atau tidak bisa install beraneka macam aplikasi di VPSnya. Sekarang ini sudah banyak tutorial Cara Menggunakan VPS, cara install dan konfigursi aplikasi A, B, C, D dan seterusnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah duduk manis dan mencari tutorial yang bersangkutan di search engine pilihan anda.

Untuk masalah harga VPS, anda tidak perlu khawatir, sekarang ini banyak sekali penyedia VPS yang memberikan kupon diskon besar-besaran, bahkan beberapa penyedia VPS terkemuka seperti digitalocean, berani memberikan credit $10 gratis yang dapat anda gunakan untuk mencoba produk VPS yang mereka tawarkan.

Kembali ke pertanyaan diatas, kapan seseorang membutuhkan VPS? Jawabannya tentu akan sangat beragam, tergantung niat dari masing-masing. Namun, jika anda seorang pengelola web (webmaster) dan ternyata traffic website anda sudah sangat besar, saya sarankan anda untuk beralih ke VPS. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari limit pemakaian CPU dan memory di web hosting yang mungkin saja akan berdampak pada kecepatan website anda yang menurun. Selain itu, jika anda merasa layanan web hosting yang anda gunakan sering bermasalah, maka sebaiknya anda segera beralih ke VPS. Selain karena di VPS anda bisa mengontrol dan memperbaiki masalah sendiri, harga VPS juga relatif tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan harga web hosting.

Diluar dari itu, mungkin anda ingin belajar VPS, menghemat pengeluaran anda untuk membuat proxy, VPN, SSH, mail server, transmission dan lain sebaginya, anda tentu bisa memilih VPS sebagai opsi utama yang dapat anda pilih.

Related Search

Tags: #Dede Erik #Hosting #VPS

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
No related post!
  1. author

    Fajar2 years ago

    dari dl ane blm sempet belajar VPS. udh daftar di digitalocean, vultr, tp blm ane pake. msh bingung. hehe

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com2 years ago

      Apa g sayang mas VPS yamg dah dibeli g dipakai, saya juga ga nolak kalau dikasih VPS hehhehe

      Reply
  2. author

    misterebs2 years ago

    VPS memang menawarkan segala kelebihan di banding share hosting, yg sudah familiar dgn linux server sih oke-oke saja.

    Mengelaloa VPS untuk web server di google memang banyak pilihan, mulai LAMP stack atau LEMP stack dll, namun tidak cukup hanya istall, konfigurasi dasar & troubleshooting.

    Ada yg lebih dari pada itu, yaitu pertimbangan pemilihan engine & setting web server sesuai kriteria load search engine google. Bisa2 krn hanya asal bisa install malah kualitas web server jauh lebih baik share hosting yg tentu lebih tahu seluk beluk konfigurasi web server & optimasinya dibanding VPS asal bisa install.

    Salam…….

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com2 years ago

      kadang saya penasaran pengen pakai VPS tapi kalau dilihat dari pengalaman teman yang sudah beli VPS kebingunan konfikurasinya, apalagi bagi yang kurang familiar ama linux, jadi saya putuskan pakai share host saja.

      Reply
    • author

      Kang Erik1 year ago

      Memang sebaiknya jika belum sangat dibutuhkan atau bingung konfigurasinya, mending pake hosting saja.

      Tapi ga ada salahnya belajar pake VPS, jangan gunakan yang berbayar kalo untuk coba-coba, yang gratis juga ada ko, terus jangan pake domain berbayar pula, pake saja domain gratis dulu, domain gratis kan banyak yang sampe satu tahun ga bayar juga ada. ๐Ÿ˜€

      Reply
      • author

        misterebs1 year ago

        Sepakat Kang Erik…!?

        Mari lanjutkan ngopreknya…. ๐Ÿ˜€

        Reply
  3. author

    aplikasimob2 years ago

    sudah pengen banget pindah ke vps hosting ini.tapi masih terkendala dengan minimnya pengetahuan dan waktu mempelajarinya.tapi ini wajib juga buat web bertrafik banyak

    Reply
  4. author

    Logedi2 years ago

    klw masalah seting VPS mas nadiar dari pablog gan, dia jagonya kalau masalah vps ๐Ÿ™‚

    Reply
  5. author

    tutorial2 years ago

    ternyata begitu yah mas , saya penasaran dengan tulisan di artilek rizkyzone.com ini . mungkin saya akan mencoba menggunakan vps beberapa waktu yang akan datang

    Reply
  6. author

    islam di dadaku2 years ago

    ternyata pemilihan web hosting juga sangat mempengaruhi kinerja blog ya mas rizky

    Reply
  7. author

    Nandar2 years ago

    kalau trafiknya masih dikit pakai share hosting biasa juga enggak kenapa ya.. Kalau trafiknya udah banyak dan sering down memang lebih bagus pakai vps.

    Reply

Leave a reply "Menggunakan VPS Sebagai Solusi Web Hosting Bermasalah"

CommentLuv badge

Must read×

Top