Waspada, Kenali 4 Gejala dari Asam Urat Sebelum Terlambat

Di Kesehatan, Umum, Vira ID 325 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Gejala dari Asam UratWaspada, Kenali 4 Gejala dari Asam Urat Sebelum Terlambat – Asam urat yang kambuh tentu saja bisa menyiksa dan mengganggu aktivitas kita sehar-hari. Gejala dari asam urat memang terkadang bisa muncul di berbagai waktu dan tempat. Oleh sebab itu kita harus menjaga kadar asam urat di dalam tubuh, terutama bagi kita yang menginjak usia lanjut. Mengenali gejala dari asam urat bisa membantu kita menjalani perawatan yang sesuai agar kondisi ini segera reda. Dengan begitu, proses pemulihan akan cepat dan kita bisa kembali melakukan aktivitas-aktivitas harian seperti biasa.

Kenali 4 Gejala dari Asam Urat Sebelum Terlambat

Penyakit asam urat atau biasa disebut dengan gout merupakan penyakit yang terjadi pada persendian akibat dari kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. Saat kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah dan akan keluar bersama urine. Namun, dalam kondisi tertentu tubuh yang menghasilkan kadar asam urat yang berlebih akan mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat tersebut. Akibatnya, asam urat akan menumpuk di dalam tubuh kita.

Untuk meminimalisir penyakit asam urat ini, alangkah lebih baik jika anda harus mengetahui dan memahami gejala dari asam urat terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa gejala dari asam urat yang wajib anda ketahui.

  • Nyeri Sendi yang Parah

Gejala dari asam urat yang pertama adalah rasa sakit pada persendian yang parah. Rasa sakit ini muncul karena kadar asam urat dalam darah yang berlebih. Gejala ini juga muncul jika ginjal yang tidak mampu mengolah asam urat yang sudah terlalu banyak. Asam urat yang tidak bisa terolah tersebut bisa menumpuk dan mengeras di area persendian sehingga bisa menjadi kristal dalam sendi. Kristal inilah yang membuat rasa nyeri dan peradangan pada persendian.

  • Sendi yang Membengkak

Berikutnya kristal yang muncul pada persendian tersebut akan membuat sendi menjadi bengkak. Gejala dari asam urat ini bisa anda lihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi yang mengalami masalah akibat gejala asam urat yang tinggi bisa terlihat membengkak dan lunak saat kita tekan. Hal ini bisa terjadi karena dua hal, yang pertama adalah karena jaringan pelapis sendi (sinovium) membengkak, kemudian karena cairan pelumas sendi yang meningkat jumlahnya.

  • Rasa Panas yang Terjadi di Sekitar Sendi

Gejala dari asam urat juga bisa membuat sendi menjadi memerah hingga terasa panas. Sensasi panas yang timbul di persendian ini merupakan efek yang terjadi dari proses peradangan pada sendi. Proses peradangan pada sendi bisa memicu sistem imun tubuh agar melepaskan protein kecil pada jaringan lunak yang berada di sekitar sendi. Zat inilah yang juga bisa menjadi penyebab dari cairan di sendi berkumpul dan menumpuk. Selain itu hal ini juga bisa membuat aliran darah menjadi meningkat dan sendi yang membengkak akan terasa hangat.

  • Kulit di Persendian Berwarna Kemerahan

Bukan hanya bengkak dan rasa panas di persendian. Gejala dari asam urat berikutnya bisa membuat kulit di sekitar persendian yang sakit akan berwarna kemerahan. Dalam jumlah normal, asam urat bisa ikut terbuang bersama urine ketika kita sedang kencing. Namun ketika tubuh memiliki kandungan asam urat yang tinggi tentu saja asam urat tersebut tidak bisa keluar saat kita kencing. Karena hal itu kelebihannya bisa menumpuk dan membentuk kristal di area persendian. Inilah yang menyebabkan aliran darah menjadi meningkat menuju bagian sendi yang terkena sehingga akan menimbulkan warna kemerahan di sekitar persendian yang sakit.

Tags: #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
Gejala-Gejala Anda Mengalami Stress Saat WFH dan Cara Mengatasinya
Gejala-Gejala Anda Mengalami Stress Saat WFH dan Cara Mengatasinya
Gejala-Gejala Anda Mengalami Stress Saat WFH dan Cara
Mengenal apa itu Penyakit Eksim Beserta Cara Penanganannya
Mengenal apa itu Penyakit Eksim Beserta Cara Penanganannya
Penyakit eksim adalah gangguan yang sering terjadi
Aplikasi Cashbac yang Multiguna
Aplikasi Cashbac yang Multiguna
Aplikasi Cashbac yang Multiguna – Gaya hidup
5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui
5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui
5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui

Tinggalkan pesan "Waspada, Kenali 4 Gejala dari Asam Urat Sebelum Terlambat"

Baca Juga×

Top