var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7175 single-format-standard kentooz" id="top">

Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis

Di Kesehatan 44 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Penyakit AspergilosisYuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis – Apa itu Penyakit Aspergilosis ? Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar dengan nama yang satu ini? Aspergilosis ini merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur aspergillus. Artikel Kesehatan, perlu diketahui bahwa hampir semua orang menghirup spora aspergillus tanpa menjadi sakit. Akan tetapi, bagi orang-orang dengan sistem imun yang lemah sangat berisiko mengalami gangguan aspergilosis ini. Dimana, jamur aspergillus ini akan mengenai jaringan paru-paru yang dapat menyebabkan empat jenis sindrom, diantaranya :

  • Aspergiloma (Aspergilloma)
  • Aspergilosis Invasif (Invasive Aspergillosis)
  • Aspergilosis Bronkopulmonal Alergi (Allergic Bronchopulmonary Aspergillosis/ABPA)
  • Pneumonia Aspergilosis Kronik (Chronic Necrotizing Aspergillosis Pnemonia/CNPA)

Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis

Pada orang dengan sistem imun yang lemah, maka infeksi aspergillus ini bisa meluas dari paru-paru hingga ke mata yang dapat menyebabkan endoftalmitis, jantung yang menyebabkan endokarditis, abses di otot jantung, limpa, ginjal, hati, tulang, tulang lunak, hingga sistem saraf pusat.

Penyebab Aspergilosis

Lalu apa penyebab Aspergilosis ini? Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab dari Aspergilosis ini adalah terhirupnya spora aspergillus pada orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.  Dimana, jamur aspergillus ini merupakan kapang/jamur yang berfilamen yang biasanya ada dimana-mana. Bahkan, jamur ini juga bisa ditemukan di kotoran burung, kompos, dan lain sebagainya.

Gejala Aspergilosis

Adapun gejala yang akan dialami oleh orang yang menderita aspergilosis ini berbeda-beda, sangat tergantung dengan jenis aspergilosis yang diderita. Misalnya, pada Aspergilloma, dimana bola fungi (jamur) yang berada di kavitas (lubang) yang telah ada sebelumnya. Aspergilloma ini biasanya terjadi pada infeksi paru lain yang telah diobati. Keluhan pada orang yang mengalami Aspergilloma ini adalah mengalami demam dan batuk darah yang sangat berat.

Cara Mengobati Aspergilosis

Cara mengobati aspergilosis ini juga bervariasi tergantung dari jenisnya. Nah, untuk yang menderita Aspergilloma, terapi pembedahan merupakan pilihan utama guna mengeluarkan bola fungi yang ada di dalam paru-paru dan pemberian anti jamur.

Begitupun pada CNPA, cara mengobatinya adalah dengan pemberian antijamur dan akan dipantau reaksinya. Bahkan, pembedahan pun bisa dilakukan kalau terdapat kerusakan yang meluas atau tidak ada reaksi saat diberi obat.

Sumber Gambar : https://image-cdn.medkomtek.com/sbR5KYcCTBJBeih6NMUFfaPowCU=/673x373/smart/klikdokter-media-buckets/medias/2313872/original/057832700_1587003713-Penyakit-Aspergilosis-shutterstock_1107032042.jpg

Tags: #Informasi #Kesehatan

author
Penulis: 
Patut Dikonsumsi 7 Makanan Terbaik untuk Mencegah Kolesterol
Patut Dikonsumsi 7 Makanan Terbaik untuk Mencegah Kolesterol
7 Makanan Terbaik untuk Mencegah Kolesterol –
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi – Sebenarnya,
Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya
Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya
Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan
Harga Masker Duckbill yang Terjangkau
Harga Masker Duckbill yang Terjangkau
Harga Masker Duckbill yang Terjangkau – Semenjak

Tinggalkan pesan "Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis"

Baca Juga×

Top